Mengintip Indahnya Atlantis Garden di Bawah Laut Kodingareng Keke

Foto: Instagram @fhifilamuna

Saking banyaknya pulau di Indonesia, tak semua namanya bisa kamu ingat, dan tentu saja tak semua bisa kamu kunjungi. Hanya sejumlah di antaranya yang menawarkan kemudahan akses dari pusat kota lah yang biasanya kemudian dikunjungi.

Salah satunya adalah Kodingareng Keke yang terletak di barat Makassar, atau bisa kamu capai dengan naik kapal dari dermaga depan Benteng Rotterdam yang terletak di sekitar Pantai Losari, atau Dermaga Kayu Bangkoa di Jalan Ujung Pandang. Tergantung jenis kapal maupun cuaca, kamu bisa mencapai Kodingareng Keke dalam waktu sekitar 30-40 menit.

Foto: Instagram @aandermawannn

Biar bujet perjalanan tak begitu besar, kamu bisa menyewa satu kapal untuk digunakan beramai-ramai bersama beberapa orang sekaligus. Kamu bahkan bisa meminta pemilik kapal untuk berhenti di beberapa pulau di sekitarnya dalam perjalanan.

Tak perlu susah payah mencari kapal, karena begitu tiba di dermaga, sejumlah pemilik kapal akan mendatangi pengunjung dan menawarkan jasanya. Pastikan untuk menawar harga hingga mencapai kesepakatan.

Foto: Instagram @adi_tahang

Kalau perlu, cari infonya lebih dahulu sebelum berangkat ke dermaga agar tahu kisaran harga maupun lama penyewaan kapal. Cek juga apakah harga yang ditawarkan sudah termasuk makan siang atau fasilitas lainnya, seperti peralatan snorkeling.

Sesampainya di Kodingareng Keke, kamu bisa melihat hamparan pasir putih sejauh mata memandang, yang tampak kontras dengan perairan pirus yang mengelilinginya. Ombaknya relatif tenang di pagi hari, sehingga sering dimanfaatkan untuk berenang bebas mengitari pulau atau bahkan snorkeling dan freediving untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Foto: Instagram @ferinahanifa

Terumbu karangnya yang beraneka jenis ini bisa kamu jumpai hanya beberapa meter jauhnya dari bibir pantai. Tak hanya itu, ikan-ikan warna-warni pun banyak berseliweran di sekitarnya atau bersembunyi di sela-sela karang, sehingga membuat pemandangan bawah lautnya makin menawan.

Saat menyelam, jangan lewatkan pula spot bernama Atlantis Garden, dengan bangkai kendaraan maupun beberapa patung besar yang sengaja ditenggelamkan di sana sebagai habitat terumbu karang. Pastikan membawa kamera underwater untuk mengabadikan keindahannya!

Foto: Instagram @zhadela

Selepas bermain air, kamu bisa berteduh dari teriknya sinar matahari di gedung bertingkat tiga yang berfungsi pula sebagai menara pandang. Tanpa pintu dan jendela, kamu dapat menyaksikan keindahan alam Kodingareng Keke dari ketinggian dengan lebih leluasa. Kamu juga bisa berpiknik di sini, namun jangan lupa bawa pulang sampah sisa makanannya ya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here