Menguak Tolanamon, Pantai Cantik di Balik Tebing

Keberadaan pantai-pantai berpasir putih dengan air jernih berwarna kebiruan menjadi daya tarik tersendiri dari Kepulauan Rote. Tidak jarang juga Rote dibanding-bandingkan dengan Raja Ampat yang sudah lebih dahulu terkenal di kalangan wisatawan.

Salah satu pesona tersembunyi dari Kepulauan Rote dapat ditemukan di Pantai Tolanamon. Selain pemandangan alamnya yang indah, pantai ini juga masih sepi pengunjung sehingga suasananya sangat tenang dan damai.

Dalam bahasa Rote, Tolanamon bisa diartikan sebagai teluk yang menusuk. Nama ini sesuai dengan bentuk teluknya yang runcing menjorok ke bibir pantai yang berpasir putih. Sementara tebing-tebing di sekelilingnya berjajar mengapit pantai hingga ke tengah teluk, seakan hendak menyembunyikan pesona pantai ini dari dunia luar.

Meski demikian, batuan tebing ini jugalah yang memberikan perlindungan dari hempasan ombak besar, sehingga pengunjung dapat berenang dengan bebas di perairannya yang tenang. Tebing-tebing yang tinggi dengan perairan yang cukup dalam ini juga sempurna untuk melakukan kegiatan lompat tebing, asalkan tetap mengutamakan keselamatan.

Instagram @amarbaco

Puas bermain air, pengunjung dapat menikmati keindahan laut biru dan tebing-tebing berwarna gelap dari bibir pantai dengan pasirnya yang halus atau dari puncak tebing yang tinggi. Di atas tebing ini, warga sekitar telah membangun pondok-pondok kecil yang tertutup genteng sebagai tempat bersantai bagi para pengunjung. Letaknya tepat di pinggir tebing dan mengarah langsung ke hamparan laut biru Pantai Tolanamon. Ada sekitar enam pondok yang dapat disewa oleh para pengunjung. Bila tidak ingin menyewa pondok-pondok ini pun pengunjung tetap bisa duduk-duduk di atas batuan tebing dan menikmati pemandangan Pantai Tolanamon.

Pantai Tolanamon terletak di Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Dari pusat kota Ba’a, pelancong harus menempuh perjalanan sejauh 26 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam untuk sampai ke Desa Inaoe. Sesampainya di desa ini, pelancong hanya perlu melanjutkan perjalanan sedikit sejauh empat kilometer. Pantai Tolanamon buka setiap hari pukul 08:00 hingga 18:00 dengan tiket masuk Rp20.000.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here