Punya Ombak Tenang, Pantai Mutiara di Trenggalek Cocok untuk Bermain Air

Foto: Instagram @ilhamchalimi_

Mendengar nama Pantai Mutiara, traveler asal Jakarta pasti langsung teringat pantai di bilangan Pluit yang biasanya dikunjungi untuk berburu sunset. Nah, di Jawa Timur, ada satu pantai lagi dengan nama yang sama.

Lokasi persisnya di Dusun Karanggongso, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Dari Pantai Prigi, kamu masih harus berkendara sekitar 5 km lagi ke arah selatan, melewati Pantai Pasir Putih Prigi dan Pantai Karanggongso, hingga akhirnya tiba di Pantai Mutiara. Kalau berangkat dari pusat kota Trenggalek, durasi berkendaranya sekitar 1,5 jam via Jalan Raya Bandung Prigi. 

Foto: Instagram @endrasetya.wan

Letaknya memang agak tersembunyi, sehingga tak banyak wisatawan yang tahu keberadaannya. Apalagi sejak pandemi, suasana pantainya lebih sepi dari biasanya. Sejak dibuka awal Maret lalu, pemerintah setempat memang membatasi jumlah pengunjung di tempat wisata hanya 50 persen dari kapasitas normal. 

Namun, karena alasan ini jugalah kamu bisa berwisata ke pantai dengan lebih aman dan nyaman. Jumlah pengunjung yang sedikit bakal membuat kamu serasa berkunjung ke pantai pribadi. Kamu bisa bebas menikmati keindahan pantainya dengan leluasa, entah sekadar berjemur di hamparan pasir putihnya, berenang di perairannya yang biru, atau berfoto di ayunannya yang fotogenik.

Foto: Instagram @vitrizk

Karena lokasinya berada di teluk, ombak di sini relatif tenang dan cocok untuk berbagai aktivitas air. Kamu yang membawa serta teman dan keluarga bisa menjajal bermain banana boat, berkano sepuasnya, atau belajar paddleboarding. 

Sempatkan pula untuk snorkeling, karena pemandangan bawah lautnya tak kalah menawan. Terumbu karang di sini masih cukup terawat dengan baik, dengan beragam jenis ikan yang berseliweran di sekitarnya. 

Foto: Instagram @fransiska6464

Semua aktivitas ini bisa kamu nikmati dengan tarif sewa peralatan mulai Rp25.000 hingga Rp100.000, tergantung durasi dan jenis aktivitas. Cukup terjangkau bukan? Ada beberapa operator tur yang menyediakan wahana air, salah satunya @pesona_watersport yang bisa dihubungi via WhatsApp 081232334490.

Menjelang sore, kamu bisa berjalan-jalan di atas hamparan pasir putihnya yang bersih sembari menikmati pemandangan pantai yang berlatarkan pepohonan hijau dan gugusan bukit di seberang yang menghiasi cakrawala. Kamu bahkan bisa naik ke atas bukit untuk mengabadikan momen senja. Pemandangan ini bakal menjadi penutup liburan yang tak akan terlupakan di Pantai Mutiara. 

Foto: Instagram @ectradacho

Untuk mengakses pantai ini, kamu cukup membayar tiket masuk Rp8.000 per orang, belum termasuk biaya parkir Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 motor. Di lokasi sudah disediakan sejumlah fasilitas, termasuk kamar mandi, musala, warung makan yang menjual berbagai jenis ikan segar hasil tangkapan nelayan, serta tempat penyewaan tikar dan payung untuk yang ingin berpiknik di pantai. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here