Manglayang Everesting, Tantangan Lari Lintas Alam dengan Total Evevasi 8.848 Meter

Gunung Manglayang yang terletak di antara kota Bandung dan Kabupaten Sumedang tak hanya kerap dimanfaatkan sebagai destinasi mendaki, namun juga lari lintas alam. Pasalnya, meski ketinggiannya hanya 1.818 mdpl, gunung ini menyajikan pemandangan yang indah dari ketinggian.

Tertarik menjajal medannya? Kamu bisa langsung datang ke lokasi sendiri, atau bisa juga mengikuti ajang lari lintas alam yang seru, seperti Manglayang Everesting Challenge yang akan digelar dalam waktu dekat.

Foto: Instagram @manglayangacademia

Ajang lari lintas alam ini menawarkan dua pilihan kategori. Pertama, kategori 55,4K dengan 30 loop dan total elevasi 8.848 meter. Rutenya sampai pohon bambu (100 meter sebelum situs Batu Lawang), naik lewat jalur pendakian, kemudian ambil jalur ke arah puncak, melewati pohon bambu lagi, sebelum melintasi jalur yang sama menuju Batu Kuda.

Peserta kategori 55,4K akan berlari mulai Sabtu, 12 Maret 2022 pukul 06:00. COT (cut off time)-nya 30 jam. Jika hanya sanggup menuntaskan 15 loop, artinya peserta dianggap sebagai finisher Basecamp. Sementara yang bisa menuntaskan 30 loop merupakan finisher Everesting.

Foto: Instagram @sob421

Kategori selanjutnya adalah 17,4K dengan 12 loop dan total elevasi 1.488 meter. Rutenya lewat jalur tangga, ambil kanan ke arah petilasan Batu Kuda, lalu kembali ke titik awal. Tak seperti peserta kategori 55,4K, peserta kategori 17,4K akan berlari keesokan harinya, yakni Minggu, 13 Maret 2022 pukul 06:00 dengan COT 6 jam.

Peserta diharapkan berlatih sebelum mengikuti ajang ini. Pasalnya, selain total elevasinya yang mencapai 8.848 meter, jalur di Manglayang terbilang sulit dengan rata-rata gradien 32 persen. Karena itu, rute Manglayang Everesting Challenge sengaja tak sampai puncak, melainkan hanya setengahnya saja.

Foto: Instagram @gnajaj

Kamu yang ingin mengikuti ajang ini bisa langsung mendaftarkan diri di bit.ly/registrationmec8848. Pendaftaran ditutup 27 Februari 2022. Jangan sampai terlewat ya, karena slot pesertanya pun dibatasi.

Biaya pendaftarannya Rp350 ribu untuk kategori 17,4K dan Rp500 ribu untuk kategori 55,4K. Biaya tersebut sudah termasuk BIB, jersey, finisher medal, refreshment dan water station, serta goodie bag berisi produk dari sponsor. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @manglayangeverestingchallenge.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here