Tips Aman Bersepeda di Medan Berlumpur

Penyuka sepeda gunung tentu kerap berhadapan dengan medan yang berubah menjadi jalur berlumpur sehabis hujan. Kondisi jalanan seperti ini tentu menyulitkan dan perlu trik khusus untuk melewatinya. Tak hanya itu, kondisi sepeda pun sangat berpengaruh dalam menghadapi medan berlumpur.

Simak yuk sejumlah trik ini biar tetap aman bersepeda di medan berlumpur!

  1. Tetap tenang

Bersepeda pada medan berlumpur membuat roda tidak bisa berputar seefektif di jalan biasa. Karena itu, sangat penting bagi pengendara sepeda untuk bersikap tenang sebelum memasuki area berlumpur. Bila sudah tegang dan panik duluan, bukan tak mungkin kamu malah kehilangan keseimbangan.

  1. Kurangi kecepatan

Hindari menggunakan kecepatan tinggi untuk melewati jalanan berlumpur. Tak ada yang tahu apa yang tersembunyi di balik jalur berlumpur tersebut, entah lubang atau batu besar. Bukannya keluar dari jalan berlumpur, kamu bisa saja malah tercebur karena terjatuh.

  1. Jaga kecepatan

Sebelum memasuki medan berlumpur, atur kecepatan, lalu jaga agar tak tiba-tiba melambat atau meningkat. Kayuh pedal dengan kekuatan yang cukup untuk menjaga perputaran roda yang konstan. Mengayuh terlalu cepat pada permukaan lumpur yang sangat lembek bisa membuat roda terjebak lebih dalam.

  1. Kurangi mengerem

Posisikan tangan pada stand sepeda dan kurangi posisi tangan di rem sepeda. Selain untuk kontrol yang lebih baik, mengerem di medan berlumpur cenderung tidak bagus, karena bisa mengakibatkan terpeleset. Saat harus mengerem, lakukan dengan perlahan dan jangan pernah rem kuat, apalagi dengan rem depan.

  1. Kurangi tekanan udara pada ban

Ban sepeda yang bertekanan rendah akan membantumu untuk melewati medan lumpur dengan lebih baik. Selain itu, memilih ban yang tepat dengan knob yang banyak dan tinggi juga dianjurkan agar memiliki grip yang baik pada tanah liat yang lembek dan berair sekalipun.

  1. Atur suspensi

Bila memungkinkan, kurangi tekanan suspensi sebelum memasuki medan berlumpur. Hal ini penting agar kayuhan tetap konstan. Suspensi yang keras dan kaku juga akan membuat tenaga lebih tidak cepat habis.

  1. Fokus pada jalan

Saat bersepeda di medan berlumpur, kamu mesti memfokuskan pandangan ke depan karena bisa saja muncul medan tak terduga. Bila tak siap, potensi jatuh ke kubangan lumpur akan semakin besar.

Pelindung lumpur seperti mudguard ataupun kacamata sepeda akan membantumu untuk lebih fokus terhadap jalan ketimbang berusaha menghindari cipratan lumpur. Boleh-boleh saja melihat bawah, namun hanya sesekali untuk memastikan kondisi sepeda baik-baik saja.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here