Taman Piknik, Spot Bersantai di Tengah Hiruk-pikuk Jakarta Timur

Foto: Instagram @tamanhutandki

Tinggal di Jakarta berarti harus siap menghadapi kemacetan, terutama bila melintas di jalan raya yang volume lalu lintas kendaraannya tinggi. Hal ini belum lagi ditambah dengan paparan polusi udara maupun suara, yang tentunya berdampak pada kesehatan warganya.

Karena itulah sejumlah ruang terbuka hijau dibangun di sudut-sudut kotanya untuk mengurangi polusi, selain sebagai sarana untuk bersantai dan berolahraga di lingkungan yang asri. Salah satunya yang terletak strategis di Jakarta Timur adalah Taman Piknik.

Foto: Instagram @tamanhutandki

Taman ini berada di di tengah permukiman warga, sekitar satu kilometer dari Jalan Raya Kalimalang. Lokasi persisnya di Jalan Manunggal II, Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar.

Seluas sekitar satu hektar, Taman Piknik tadinya berupa lahan kosong tempat pembuangan sampah liar, sebelum kemudian disulap menjadi taman asri yang cantik.

Foto: Instagram @tamanhutandki

Memasukinya, kamu akan disambut dengan hamparan luas rerumputan hijau maupun deretan pepohonan yang rimbun. Dijamin, kamu bakal lupa kalau sedang berada di tengah kawasan perkotaan.

Tak jauh dari situ juga terdapat kolam yang dilengkapi jembatan untuk melintasinya. Jembatan tersebut didesain seperti anak-anak tangga yang menghubungkan area depan taman dengan area dalamnya.

Foto: Instagram @tamanhutandki

Setelah melewati jembatan tersebut, kamu akan menjumpai sejumlah fasilitas taman, termasuk trek joging yang bisa digunakan untuk berjalan santai atau berlari pagi. Sembari berolahraga mengelilingi taman, kamu bisa melihat tanaman berbunga yang tertata rapi di sekitarnya.

Tak hanya itu, kamu pun bisa melihat kolam di sisi utara taman. Selepas beraktivitas, kamu bisa beristirahat di sejumlah bangku taman yang dipasang di beberapa titik. Kalau membawa bekal, kamu bahkan bisa berpiknik di bawah teduhnya pohon. Namun ingat, tetap jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Foto: Instagram @tamanhutandki

Taman Piknik merupakan salah satu taman di Jakarta yang sudah beroperasi kembali di tengah pandemi. Kamu bisa mengunjunginya kapan saja setiap harinya antara pukul 07:00 hingga 17:00.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here