Jakarta Ultra Cycling Challenge 2022, Tantangan Bersepeda 100 dan 200 Km

Pada Sabtu, 26 Februari mendatang, Audax Randonneur Indonesia akan menggelar ajang bersepeda bertajuk Jakarta Ultra Cycling Challenge 2022. Jenis kegiatannya berbasis aplikasi dan bukan balapan sepeda. Peserta cukup menyelesaikan tantangan yang diberikan.

Ada dua kategori yang bisa dipilih, yakni non BRM berjarak 100 km dengan batas waktu 7,5 jam, serta BRM berjarak 200 km dengan batas waktu 13,5 jam. Perjalanan bebas dilakukan sendiri atau bersama kelompok yang berjumlah maksimal empat orang.

Kegiatan ini juga tak menggunakan pemandu maupun petunjuk jalan. Semuanya dipandu lewat aplikasi maupun alat navigasi.

Sebagian besar rutenya akan melintasi kawasan barat Jakarta dengan medan yang ramah untuk segala jenis sepeda. Rute bisa dilihat dengan aplikasi GPX Viewer (bisa diunduh di Google Play atau App Store) maupun Ride with GPS.

Sepeda yang akan digunakan wajib disiapkan sendiri, dengan jenis sepeda yang diperbolehkan adalah road bike, MTB, gravel, dan lipat. E-bike tidak boleh digunakan untuk ajang ini.

Peralatan lainnya yang perlu disiapkan adalah masker, hand sanitizer, ban cadangan dan peralatan penggantian ban dalam, toolkit dan pompa tangan, jas hujan, baterai cadangan atau powerbank untuk lampu sepeda, arm warmer, losion tabir surya, serta obat-obatan dan bekal pribadi.

Selama bersepeda, peserta wajib mematuhi protokol kesehatan dengan selalu mengenakan masker, menjaga jarak, serta tidak membuat kerumunan saat istirahat atau di checkpoint.

Syarat lainnya mengikuti Jakarta Ultra Cycling Challenge 2022 adalah peserta wajib sudah divaksin penuh (dua kali) dan melakukan swab test. Selain itu, peserta wajib memiliki BPJS atau asuransi kesehatan sejenisnya.

Biaya pendaftaran adalah Rp450 ribu untuk kategori 100 km dan Rp550.000 untuk kategori 200 km. Biaya tersebut sudah termasuk medali, topi, safety triangle, serta kudapan dan minuman. Untuk registrasi dan info lebih lanjut, kunjungi laman ini atau ikuti akun Instagram @audaxrandonesia.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here