Gowes Downhill Kintamani-Ubud, Susuri Sawah dan Pedesaan

Bersepeda mengeksplorasi sebuah tempat wisata bisa membuat liburanmu lebih berkesan. Bahkan Ernest Hemmingway pun mengiyakan bahwa bersepeda adalah cara terbaik untuk mengenal suatu destinasi, karena proses berkeringat mengayuh pedal naik-turun bukit atau menyusuri pantai akan melekat di ingatan.

Di Bali, misalnya, kamu dapat menjauh dari keramaian turis untuk menyusuri berbagai rute sepeda yang menarik. Salah satunya yang populer adalah rute yang berawal dari Kintamani dengan panorama pegunungan, kemudian menurun melewati sawah dan perkebunan, serta jalan setapak yang jarang dilalui wisatawan hingga tiba di Ubud.

Rute bersepeda ini memungkinkan peserta untuk melihat kehidupan sederhana di pedesaan Bali, seperti petani yang sedang bekerja di sawah atau menggiring kawanan bebek menyeberangi jalan, anak-anak yang bersenda gurau dalam perjalanan ke sekolah, remaja putri meletakkan canang di sekitar rumah, hingga nenek-nenek tanpa penutup dada yang kerap tampak sedang mengunyah sirih.

Hal ini tentu dapat menyeimbangkan pengalaman menikmati suasana modern dan glamor yang ditawarkan wilayah selatan Bali.

Kamu bisa menggowes sepedamu sendiri atau ditemani pemandu yang siap membagikan pengetahuannya seputar budaya Bali. Ada sejumlah operator yang menyediakan tur sepeda Kintamani-Ubud, salah satunya adalah Greenbike Adeventure.

Sebelum gowes, peserta diajak sarapan terlebih dahulu di tepi perkebunan kopi dengan pemandangan hamparan sawah. Pemandu juga akan mengajak peserta berkeliling kebun untuk mengenalkan berbagai tanaman yang tumbuh di sana, dari kopi, kakao, vanila, dan masih banyak lagi.

Setelah itu, perjalanan naik sepeda dimulai. Sepanjang perjalanan, peserta tur akan diajak untuk melihat rumah tradisional Bali, hutan rimbun, Pura Agung Gunung Raung Taro, dan persawahan.

Setelah 23 km bersepeda, tur berakhir di utara Ubud. Peserta kemudian diajak makan siang di Green Kubu Cafe, sebelum diantar pulang ke akomodasi masing-masing.

Seharga Rp500 ribu per orang, biaya tur sudah termasuk sewa sepeda dan perlengkapannya, pemandu profesional, sarapan dan makan siang, air mineral dan kudapan selama gowes, serta transportasi dua arah dari/ke hotel di area Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, Seminyak, dan Ubud. Bila tertarik, kamu bisa langsung reservasi di laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here