5 Destinasi Bersepeda Favorit di Thailand

Lain kali ke Thailand, nikmati keindahannya dengan cara berbeda dan ramah lingkungan. Thailand memiliki sejumlah destinasi yang menyenangkan jika disusuri dengan bersepeda. Sembari olahraga yang aman dilakukan tanpa perlu berkerumun dengan orang banyak, susuri lima destinasi bersepeda terfavorit di Negara Gajah Putih ini.

  • Lumpini Park

Rasanya sulit menemukan suasana Bangkok yang tenang dengan pemandangan asri. Jika tak memiliki waktu untuk mengunjungi kota-kota lain di Thailand, pergilah ke Lumpini Park untuk bersepeda dan bersantai bersama warga lokal yang kerap berlatih tai chi di pagi hari.

Jika ingin menjelajah lebih jauh, susuri trek yang mengarah ke Jalan Sarasin, yang berada di puncak Lumpini Park, kemudian lanjutkan hingga Benjakiti Park sejauh beberapa kilometer. Anda akan menemukan danau cantik yang mengelilingi jalur sepeda beraspal mulus. Lelah mengayuh sepeda? Istirahatlah sejenak sambil menikmati kuliner pinggir jalan, seperti hidangan mi atau jus jeruk yang menyegarkan.

  • Bang Krachao

Dikenal sebagai daerah hijaunya Bangkok, Bang Krachao merupakan pulau buatan yang berlokasi di sisi selatan ibu kota Thailand. Dengan trek yang tidak begitu mulus, pesepeda memerlukan kemampuan mengayuh yang mumpuni dan keseimbangan yang baik saat menyusuri jalur berkelok di Bang Krachao.

Trek sepeda akan membawa pejalan melewati beberapa titik penting di Bang Krachao, antara lain Bang Nam Phueng Floating Market yang berada di kanal dan dikelilingi pemukiman penduduk, sembilan kuil Buddha, dan Sri Nakhon Khuean Khan Park and Botanical Garden. Pastikan untuk melintasi Flower Road, trek bersepeda paling indah di pulau ini. Trek ini dicat bunga aneka warna di atas permukaan jalan beton, dengan pagar di kedua sisi untuk menjaga pesepeda tidak jatuh ke air di bawahnya.

  • Ko Kret

Berlokasi sekitar 20 kilometer dari Bangkok, Ko Kret menjadi salah satu jalur bersepeda paling menyenangkan di Thailand berkat trek yang mulus sepanjang jalan. Pejalan dapat menyewa sepeda sehari penuh dengan biaya sekitar 40 baht dan mengitari Ko Kret yang dihuni orang Mon, yang terkenal dengan kerajinan keramiknya.

Selain dapat menyaksikan kehidupan warga setempat, pesepeda dapat mengunjungi Wat Paramaiyikawat Warawihan, yaitu kuil Buddha yang berada di tepi Sungai Ko Kret, yang diperkirakan mulai dibangun di periode akhir Ayutthaya.

  • Sukhothai

Sukhothai adalah kerajaan pertama yang bersatu dengan Kerajaan Siam, yang didirikan pada 1238. Selama 200 tahun kerajaan ini berkembang dengan menjadikan Old Sukhothai sebagai pusat politik dan agama. Menikmati sisa-sisa peninggalan kerajaan ini, pejalan dapat mengunjungi Sukhothai Historical Park, Situs Warisan Dunia UNESCO yang menawarkan lebih dari 193 reruntuhan dengan tiga parit besar dan empat pintu masuk.

Cara menyenangkan untuk menikmati jejak-jejak sejarah Kerajaan Sukhothai dengan bersepeda menyusuri lima zona di Sukhothai Historical Park, melewati jalur pedesaan yang biasa digunakan petani lokal. Sejumlah trek akan membawa pesepeda menyusuri kanal-kanal kuno dan mengitari hamparan sawah yang tumbuh subur di daerah itu.

  • Kanchanaburi

Provinsi ini terkenal dengan Hellfire Pass, jalur kereta api yang dibangun untuk menghubungkan Thailand dengan Myanmar, dan Death Railway Bridge yang dibangun di atas Sungai Kwai oleh para tahanan perang Sekutu selama Perang Dunia II.

Jangan lupakan juga reruntuhan peninggalan Kerajaan Khmer yang indah di Muang Singh. Bersepeda di Kanchanaburi memadukan suasana kota kecil dengan area pedesaan yang menyenangkan. Trek bersepeda meliputi jalan setapak di daerah pedesaan dengan pemandangan spektakuler, sambil mengagumi Sungai Kwai. Pilihlah sepeda gunung yang  mumpuni saat menjajal trek kasar sepanjang jalan.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here