Ala Ala Trail, Ajang Lari Lintas Alam untuk Pemula

Belakangan ini, semakin banyak pelari yang meninggalkan jalur beraspal di kawasan perkotaan yang monoton untuk menelusuri alam yang masih asri. Kegiatan ini terutama dianggap cocok untuk melepas penat, terutama setelah berhari-hari mesti berhadapan dengan kemacetan dan keramaian.

Namun, karena medan jalan raya dan lintas alam berbeda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk para pemula. Selain melakukan latihan sebelumnya dan mengenakan perlengkapan yang memadai, pelari mesti mencari medan yang bersahabat, seperti jalur yang didominasi tanah dan makadam. Lokasinya pun lebih baik di area perbukitan ketimbang pegunungan, seperti kawasan Sentul di Bogor.

Masih ragu untuk berlari sendiri karena belum mengenal medan? Kamu bisa berlari bersama grup lari yang tak hanya menyenangkan, namun bisa saling menjaga satu sama lain. Kalau sudah terbiasa, kamu juga bisa mengikuti sejumlah ajang lari lintas lintas alam yang dirancang khusus untuk pemula.

Sebut saja Ala Ala Trail (A2T) yang akan digelar Maret mendatang. Ajang lari lintas alam di kawasan Sentul ini memang dikhususkan untuk pemula dengan satu kategori jarak, yakni 15,8 km dengan elevasi 1.330 meter.

Titik start dan finish-nya di Leuwi Pangaduan Resort, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Acara dimulai pukul 04:00 pada Sabtu, 19 Maret 2022, sebelum race dimulai pukul 06:00. Cut off time dan pengumuman podium dilakukan pukul 13:00, kemudian acara ditutup pada pukul 14:00.

Ajang lari ini terbuka untuk pria dan wanita berusia minimal 18 tahun, dalam kondisi sehat, dan dapat menyelesaikan tantangan yang diberikan. Selain itu, peserta harus memiliki pengalaman menjadi finisher dalam lomba lari 5K atau 10K.

Karena medannya alam dengan cuaca yang tidak bisa diprediksi, peserta harus siap menghadapinya dengan membawa perlengkapan yang dibutuhkan, seperti jaket antiair, senter kepala dan baterai cadangan, serta botol minum. Ada pula penalti yang diberikan bila peserta melanggar aturan. Detailnya bisa dilihat di laman ini.

Bila tertarik mengikuti Ala Ala Trail, kamu bisa mendaftarkan diri di bit.ly/ala2trail. Biaya pendaftarannya Rp400 ribu dengan batas akhir pendaftaran adalah 19 Februari 2022 pukul 18:00 WIB atau ketika kuota terpenuhi. Untuk info lebih lanjut, kunjungi laman ini atau ikuti akun Instagram @sentulultra.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here