Wisata Javana Sehat, Camping dengan View Telaga Saat dan Perkebunan Teh

Foto: Instagram @davidmndr_

Buat kamu yang sering liburan ke kawasan Puncak, Bogor, tentu sudah tak asing lagi dengan Telaga Saat bukan? Pemandangannya yang cantik, lengkap dengan kabut tipis yang menyelimutinya di pagi hari, membuat tempat ini populer di kalangan wisatawan, terutama bagi pemburu foto.

Tak heran kalau banyak yang senang berlama-lama di sini, entah hanya untuk sekadar bersantai di gazebo, berkeliling telaga dengan naik rakit bambu, atau berjalan kaki mengitarinya. Menariknya lagi, kamu bahkan bisa bermalam di camping ground yang terletak tak jauh dari Telaga Saat.

Foto: Instagram @davidmndr_

Lokasi camping ground tersebut ada di Wisata Javana Sehat, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Dari Telaga Saat, kamu bisa mencapainya dengan berjalan kaki sejauh 550 meter, atau sekitar 10 menit. Sementara dari pusat kota Bogor, kamu bisa menempuhnya dengan berkendara selama dua jam.

Aksesnya cukup tersembunyi, karena terletak di balik perkebunan teh dan perbukitan hijau. Selain itu, medannya pun tak mudah dilewati karena mesti melalui jalur berbatu hingga tiba di lokasi. Namun, semua perjuangan itu terbayarkan dengan pemandangannya yang luar biasa cantik.

Foto: Instagram @herufadhill

Dari camping ground, kamu bisa melihat pemandangan Telaga Saat yang terhampar di depan mata, lengkap dengan perkebunan teh dan perbukitan yang fotogenik. Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak pun bisa terlihat dari sini. Kalau langit sedang cerah, di malam hari kamu bisa melihat kelap-kelip lampu kota Bogor.

Seluas satu hektar, area wisata ini tak hanya memiliki camping ground, namun juga dilengkapi fasilitas lainnya, seperti panahan dan paintball. Ada pula jalur khusus untuk mountain bike maupun mobil off-road bagi para penyuka adrenalin. Jadi, kamu tak akan bosan selama berkemah di sini karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan.

Foto: Instagram @adit.syahfiar

Biaya camping di sini Rp25 ribu per orang, belum termasuk biaya parkir motor Rp10 ribu dan mobil Rp20 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk akses ke toilet, musala, maupun listrik (tinggal bawa terminal sendiri).

Kamu juga diperbolehkan memarkirkan mobil, motor, atau bahkan sepeda di samping tenda. Biaya parkirnya sebesar Rp10 ribu untuk sepeda, Rp15 ribu untuk motor, dan Rp50 ribu untuk mobil.

Foto: Instagram @wisatajavanasehat

Buat kamu yang tak ingin repot membawa peralatan camping, kamu bisa langsung menyewanya di lokasi. Biayanya mulai Rp50 ribu untuk tenda, Rp15 ribu untuk sleeping bag, Rp25 ribu untuk lampu tenda, dan masih banyak lagi peralatan yang tersedia untuk disewa. Sementara untuk membuat api unggun, kamu bisa membeli kayu bakar seharga Rp30 ribu per ikatnya.

Opsi lainnya, kamu bisa membeli paket camping seharga mulai Rp250 ribu untuk dua orang yang sudah termasuk tiket masuk perkebunan, tiket masuk camping, tiket Telaga Saat, tenda, lampu tenda, matras, sleeping bag, serta jasa bongkar pasang tenda.

Foto: Instagram @wisatajavanasehat

Tak membawa perbekalan yang cukup? Jangan khawatir, kamu bisa bersantap di restorannya sembari ditemani udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Pilihan menunya antara lain nasi goreng, ayam bakar, pisang goreng, roti bakar, dan bandrek susu.

Kalau ingin berniat berkemah di sini, disarankan untuk reservasi sebelum kedatangan via WhatsApp 0895321222424. Kamu juga bisa mengunjungi akun Instagram @wisatajavanasehat untuk mengecek promo atau informasi terbarunya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here