Serunya Jalur Downhill di Taman Pinang Bike Park

Foto: Instagram @joe_saker

Minat bersepeda yang terus meningkat di masa pandemi ini membuat semakin banyak orang mencari tempat-tempat menarik untuk menjalani hobinya. Semakin jauh dari keramaian kota, tentu semakin baik, karena bisa sekalian wisata alam dan melepas penat sejenak.

Dari sejumlah bike park yang ada di Probolinggo, salah satunya yang direkomendasikan adalah Taman Pinang Bike Park. Berada di ketinggian sekitar 400 mdpl, bike park ini terletak di kawasan kaki Gunung Argopuro, tepatnya di Dusun Gunung Kenik, Desa Betektaman, Kecamatan Gading.

Foto: Dok. Google Maps/Alex Putra27

Jalur menuju kemari terbilang sempit dan memang seringnya dilalui oleh kendaraan roda dua. Namun, masih bisa untuk loading sepeda dengan mobil. Dari arah Kraksaan, jaraknya sekitar 16 km, atau bisa ditempuh dengan berkendara selama 40-45 menit. Mendekati lokasi nanti akan ada petunjuk menuju Taman Pinang Bike Park.

Menempati area hutan yang luas, bike park ini merupakan hasil inisiatif para pemuda di sekitar Desa Betektaman yang ingin menjadikan kawasan tersebut sebagai arena bersepeda downhill sekaligus mempromosikan wisata alam di sana.

Foto: Instagram @keysah.3287

Jalurnya pun dirancang sedemikian rupa sehingga pesepeda bisa menikmati pemandangan indah berupa persawahan dan perbukitan sembari menghirup udara sejuk khas kawasan pegunungan.

Buat pemula yang belum terbiasa melintasi jalur downhill, sebaiknya didampingi oleh yang berpengalaman karena medannya cukup curam dengan sejumlah tantangan di sepanjang jalan, dari jalur batu hingga yang ditumbuhi akar-akar pohon. Selain itu, disarankan datang saat musim kemarau karena jalurnya yang lebih berisiko saat musim hujan.

Foto: Instagram @tutahanindita

Taman Pinang Bike Park sendiri sudah beroperasi sejak Maret 2020 lalu. Meski terbilang baru, bike park ini kerap menggelar acara menarik untuk para pesepeda, seperti latihan bersama hingga balap sepeda.

Buka sepanjang hari dari pagi hingga sore, kamu bisa datang kapan saja kemari. Tidak ada tiket masuk dan siapa pun bisa menggunakan bike park ini. Hanya saja, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena menu di warung sekitar terbatas.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here