Tak Punya Lisensi Menyelam? Tenang, Ada Opsi Intro Diving

Dengan setidaknya 70 persen permukaan bumi tertutup air, sayang rasanya bila tak mencoba menyelam, setidaknya sekali seumur hidup. Terlebih, kegiatan satu ini memungkinkanmu untuk menjumpai berbagai macam biota laut.

Mereka yang serius dan ingin belajar menyelam biasanya langsung mengambil kursus diving dengan beragam jenis kelas. Harganya beragam, mulai Rp5 juta sampai Rp7 juta, tergantung paket yang kamu ambil. Beberapa di antaranya bahkan sudah termasuk biaya perjalanan ke destinasi selam yang diinginkan.

Bila harganya dirasa mahal, atau ingin mencoba mendapatkan pengalaman menyelam sebelum benar-benar belajar untuk mendapatkan lisensinya, kamu bisa mencoba intro diving.

Sering disebut juga sebagai trial diving, kegiatan ini memungkinkan kamu untuk menyelam tanpa lisensi dengan ditemani instruktur berpengalaman. Biayanya pun lebih murah tergantung lokasi penyelaman, biasanya masih di kisaran ratusan ribu rupiah.

Sebelum menyelam, kamu akan diajarkan dasar-dasar menyelam, selain dijelaskan tentang kegunaan dari alat selam, dari tangki oksigen, pemberat, dan lainnya. Dengarkan dengan saksama segala aturan dan penjelasan yang diberikan sang pemandu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mempelajari sejumlah isyarat tangan yang berguna saat menyelam nanti, entah untuk memberitahukan keadaan baik-baik saja, atau bila merasa tak nyaman dan ingin bergegas naik ke permukaan.

Selanjutnya, kamu dapat memilih baju selam yang disediakan. Pastikan baju yang dikenakan benar-benar pas, jangan terlalu ketat atau longgar, karena bisa mengganggu pergerakan selama di dalam air.

Kenakan juga masker yang pas di wajah. Jangan terlalu sempit karena akan tak nyaman, namun juga jangan terlalu longgar karena nantinya masker tersebut bisa bocor.

Setelah peralatan yang dikenakan sudah dicek semua oleh instuktur, kamu akan diajak ke perairan dangkal untuk belajar bernapas dengan regulator, selain diajarkan sejumlah teknik, termasuk equalizing untuk menyeimbangkan tekanan udara di rongga telinga.

Bila semua sudah siap, para instruktur akan mendampingimu untuk mulai menyelam. Di momen ini, tepis segala pemikiran buruk dan yakinlah bahwa pengalaman menyelammu akan berjalan aman dan lancar.

Perhatikan juga isyarat tangan yang diberikan pemandu, dan balas dengan isyarat yang tepat. Jangan panik bila terjadi masalah, cukup beri tahu pemandu agar ia bisa segera bertindak.

Terakhir, nikmati petualanganmu selama di bawah air! Perhatikan sekeliling dan coba kenali sejumlah biota laut yang kamu jumpai. Bila beruntung, kamu bisa melihat hewan langka atau hewan-hewan lain yang sulit kamu temui bila hanya snorkeling di permukaan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here