Oret-oret Sketsa Kini, Pameran Tunggal SketZamrud di Tan Artspace

Foto: Instagram @zamrud.setyanegara

Buat kamu para pegiat sketsa di Semarang, ada event baru yang tak boleh kamu lewatkan nih, yakni pameran sketsa bertajuk Oret-oret Sketsa Kini di Tan Artspace. Berlangsung mulai 9 hingga 21 Januari mendatang, pameran ini akan menampilkan karya perupa Zamrud Setya Negara, atau yang lebih dikenal sebagai SketZamrud.

Dalam pameran perdananya ini, SketZamrud menampilkan 18 sketsa pilihan bernuansa hitam putih dan berwarna. Masing-masing sketsa tersebut menggambarkan sejumlah lokasi maupun bangunan sepanjang dua tahun belakangan ia berkarya.

Foto: Instagram @zamrud.setyanegara

Bagi Zamrud, pameran tunggal ini tak hanya menjadi kebanggaan tersendiri, namun juga dapat berperan sebagai langkah berikutnya untuk dapat terus mempresentasikan ide, proses, serta hasil olah kreatif dalam karya-karya sketsa.

“Saya juga ingin menjadi bagian gerak tumbuh seni sketsa yang saat ini tidak saja mengalami ‘pembaruan’, tetapi juga menyatakan ‘pembaruan’ yang lebih dinamis,” imbuhnya, dikutip dari akun Instagram pribadinya, @zamrud.setyanegara, pada Kamis (6/1).

Foto: Instagram @zamrud.setyanegara

Oret-oret Sketsa Kini sendiri merupakan gambaran sketa saat ini yang semakin menggeliat dengan pegiatnya yang datang dari berbagai latar profesi. Hal tersebut banyak memberikan warna dan khazanah baru, mulai dari pemilihan objek, penggunaan teknik, pemanfaatan media, hingga mobilitasnya yang cenderung berkelompok dalam proses kreatifnya.

Lebih lanjut, pameran yang merupakan program Arisan Exhibition The Series dari Semarang Sketchwalk (SSW) ini diharapkan dapat memberi kesempatan kepada perupa tamu yang bukan anggota SSW untuk melangsungkan pameran.

Foto: Instagram @zamrud.setyanegara

“Kehadiran perupa tamu ini akan memberi warna sekaligus memantik semangat anggota SSW untuk terus kreatif dan meningkatkan kualitas karyanya,” imbuh Ratna Sawitri, Ketua SSW.

Di hari pembukaannya, pameran Oret-oret Sketsa Kini akan diresmikan oleh Sinoeng Noegroho Rachmadi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, yang diikuti dengan penyerahan salah satu karya sketsa dari Zamrud.

Foto: Instagram @zamrud.setyanegara

Pameran yang didukung oleh Tan Artspace, Semarang Sketchwalk, Arisan Exhibition The Series, Paperina, ArtLand, serta ArtMedia Graphic Design Printing and Finishing ini juga akan diramaikan serangkaian acara menarik.

Sebut saja Artist Talk yang digelar pada 9 Januari 2022 pukul 18:30. Jangan lewatkan pula kegiatan Sketsa Bersama pada 15 Januari 2022 pukul 07:00 di kawasan Kota Lama Semarang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here