Menyelami Perairan Sekitar Menjangan, Pulau Mungil di Ujung Barat Bali

Bila pernah merasa bosan dengan Bali, sudahkan menyempatkan berkendara selama empat jam untuk menuju kawasan Bali Barat yang nun jauh di ujung pulau?

Memang di sana tak ada beach club bergengsi, namun hutan lindung dengan pantai-pantainya yang sepi dan dipenuhi hamparan terumbu karang yang terjaga tinggal di dalamnya menanti untuk dijelajahi. Kamu bahkan bisa menyeberang ke Menjangan, pulau mungil yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat.

Tempat ini menawarkan lokasi terbaik untuk wall diving dengan dinding karang sedalam 30 hingga 60 meter, atau bahkan lebih. Formasi tersebut membentuk banyak gua dan overhang yang menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, kerapu besar, belut moray, penyu, dan masih banyak lagi.

Kawasan ini juga memiliki situs kapal karam Anchor Wreck yang ditandai dengan jangkar yang telah ditumbuhi koral. Situs lainnya adalah Eel Gardens di barat Menjangan dan Secret Bay yang merupakan surga bagi fotografer makro.

Karena arusnya rata-rata tidak terlalu kuat, tempat ini dapat diselami oleh berbagai level sertifikasi. Snorkeling pun dapat dilakukan di tempat yang indah ini.

Untuk mengakses pulau yang terletak delapan kilometer jauhnya dari daratan utama Bali ini, kamu dapat berangkat dari dermaga Labuan Lalang menggunakan kapal kayu bermesin. Kapal-kapal yang terparkir di dermaga ini dikelola oleh Taman Nasional Bali Barat dan masing-masing kapal dapat menampung hingga 10 orang.

Sepanjang perjalanan berdurasi 30 menit itu, mata dimanjakan oleh perairan berwarna toska, sementara dari kejauhan tampak daratan Jawa dengan Gunung Baluran, Ijen, dan Merapi yang megah. Disarankan berangkat sedari pagi ketika perairan masih tenang, sehingga perjalanan menuju Menjangan berjalan lancar.

Tiba di Menjangan, mata akan tak henti-hentinya dibuat terpukau dengan jernihnya air laut yang menanti untuk dinikmati sambil berenang. Kamu bisa melihat beragam ikan warna-warni tampak asyik berenang di antara terumbu karang dan seakan mengundang untuk turut serta bermain.

Bila tertarik kemari, kamu bisa datang sendiri ke lokasi. Biaya sewa kapal sekitar Rp500.000, belum termasuk tiket masuk dan sewa peralatan snorkeling. Karena itu, disarankan datang bersama rombongan atau patungan biaya sewa dengan wisatawan lain.

Bila berangkat dari Banyuwangi, kamu bisa memanfaatkan paket tur dengan biaya sekitar Rp300.000 per orang, sudah termasuk transportasi dari lokasi penjemputan di Banyuwangi, kapal ke Menjangan, peralatan snorkeling, tiket masuk, pemandu, dan makan siang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here