4 Pantai Terindah di Aceh, Lokasinya Mudah Diakses dari Pusat Kota

Banda Aceh merupakan salah satu destinasi sempurna untuk melewatkan akhir pekan karena menawarkan akses yang mudah dari berbagai kota besar di Indonesia. Selain wisata kuliner, kota ini juga menawarkan banyak destinasi pantai yang layak untuk disinggahi. Beberapa di antaranya terletak dekat pusat kota, sementara yang lain bisa diakses dengan berkendara tak lebih dari satu jam.

Pantai Lhoknga

Dapat diakses dengan berkendara sekitar setengah jam dari pusat kota Banda Aceh, pantai yang terletak di pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh ini merupakan salah satu pantai favorit para peselancar, termasuk peselancar internasional. Memiliki keindahan pasir putih yang berkolaborasi dengan bebatuan karang serta air laut yang jernih, ditambah barisan pohon kelapa dan pohon cemara membuat suasana menjadi sejuk. Bagi para peselancar, ada lima titik ombak favorit, yaitu Left Hander Point, Cemara Right Point, Peak Point, Suri Point, dan Out Side Right Hander. Sementara yang bukan peselancar, bisa duduk-duduk di pantai, memancing, bermain air, dan menikmati sunset.

Pantai Lampuuk

Terletak di pantai barat Aceh, pantai ini memiliki garis pantai sepanjang lima kilometer dengan hamparan pasir putih dan perairan biru. Sempat mengalami kerusakan cukup parah saat tsunami 2004, kini pantai ini kembali menjadi primadona destinasi wisata di Aceh. Dengan ombak yang besar, Pantai Lampuuk kerap menjadi destinasi favorit bagi peselancar, baik dari dalam maupun luar negeri. Beragam aktivitas dapat dilakukan di sini, termasuk berenang, bermain banana boat, atau sekedar bersantai sambil menyantap ikan bakar serta mereguk segarnya kelapa muda di kios-kios yang berderet di sepanjang pantai.

Pantai Ujong Batee

Jika Pantai Lhok Mee dikenal dengan pasir putihnya, Pantai Ujong Batee justru memiliki pasir hitam yang konon dapat bermanfaat untuk terapi kelumpuhan dan mengobati penyakit tulang. Berjalan menyusuri pantai ini, Anda akan mendapati bekas reruntuhan Benteng Indra Patra yang terendam air laut. Ombak di Pantai Ujong Batee tergolong tenang sehingga aman untuk berenang dan bermain air.

Pantai Lhok Mee

Berada di Desa Lamreh, Dusun Lhok Mee, perjalanan ke pantai ini akan disuguhi pemandangan perbukitan dan pepohonan rimbun. Pantai ini kerap dijuluki sebagai Pantai Pasir Putih karena sejauh mata memandang, hanya ada hamparan pasir yang putih bersih. Bila kebanyakan pantai di Aceh pohonnya tumbuh di tepi pantai, di sini pohon tumbuh di dalam air, menjadikannya unik dan menarik untuk difoto.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here