Belajar Masak Menu Tradisional Bali, Alternatif Kegiatan Seru Selain Wisata Bahari

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Bali selain wisata bahari. Kalau ada waktu lebih, sempatkan diri untuk sekalian belajar memasak makanan tradisional. Dengan cara ini, kamu dapat membawa pulang oleh-oleh unik dalam bentuk masakan hasil buatan sendiri yang dipelajari langsung dari ahlinya.

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat belajar masak makanan tradisional di Bali yang bisa kamu pilih.

1. Casa Luna Cooking School

Didirikan Janet de Neefe yang telah tinggal di Bali selama lebih dari tiga dekade, kelas memasak ini menawarkan program yang berbeda setiap harinya.

Sabtu untuk kursus memasak menu-menu vegetarian, Minggu hingga Kamis untuk kursus memasak aneka masakan Bali, sedangkan Jumat khusus bagi yang baru mulai memiliki minat memasak.

Foto: Dok. Casa Luna Cooking School

Seharga Rp400-500 ribu per orang, kebanyakan kelasnya dimulai pagi hari yang ditutup makan siang masakan yang dimasak. Khusus Kamis dan Jumat, kelasnya dimulai sore hari, karena untuk sekalian mengunjungi pasar malam yang buka selepas senja. Untuk reservasi, kunjungi laman ini.

Honeymoon Guesthouse, Jl. Bisma No. 5, Ubud, Gianyar, Bali

2. Anika Cooking Class

Anika Cooking Class menawarkan kelas memasak yang dimulai pukul 07:00, dengan penjemputan gratis bagi para peserta yang berada di kawasan Kuta, Sanur, Nusa Dua, Seminyak, dan Jimbaran.

Pemandu kemudian akan mengantar peserta menuju pasar tradisional Kuta untuk membeli dan menjelaskan bumbu dan rempah-rempah yang akan dipakai.

Foto: Dok. Anika Cooking Class

Setelah kunjungan ke pasar selama satu jam, peserta diajak menikmati sarapan bersama, sebelum akhirnya kegiatan memasak dimulai. Menu yang diajarkan ada 10 jenis, dengan 9 di antaranya adalah menu utama, sementara sisanya adalah menu penutup.

Di akhir kelas, setiap peserta mendapatkan sertifikat maupun booklet berisi resep aneka masakan Bali untuk dipraktikkan di rumah.

Jl. Nuri No. 2, Tuban, Kuta, Badung, Bali

3. Paon Bali Cooking Class

Kelas memasak milik pasangan dari Bali ini bertempat di sebuah desa di Ubud yang asri. Di sini, peserta akan diajarkan cara memasak masakan tradisional Bali yang benar, mulai dari memilih bahan hingga menyantapnya.

Foto: Dok. Paon Bali Cooking Class

Seharga mulai Rp320 ribu per orang, sesi pagi dimulai pukul 08:15 hingga 13:30 dan sesi siang pukul 15:30 hingga 19:30. Khusus sesi pagi, peserta juga akan diajak berkunjung ke pasar untuk membeli langsung bahan-bahan memasak.

Sesudah memasak, peserta dapat berjalan-jalan keliling Desa Laplapan untuk mengobrol bersama petani atau sekadar mengamati aktivitas di sekitar pura banjar. Untuk reservasi, hubungi WhatsApp 081337939095 atau ikuti akun Instagram @paonbalicookingclass.

Jl. Raya Laplapan, Petulu, Ubud, Gianyar, Bali

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here