Serunya Gowes ke Bukit Bego, Bisa Menikmati Indahnya Sunset dari Ketinggian

Foto: Instagram @bansmarwanto

Banyak spot di Yogyakarta yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Salah satunya adalah Bukit Bego yang terletak di kawasan Imogiri, Kabupaten Bantul.

Lokasi bukit ini tak begitu jauh dari pusat kota, yakni sekitar 19 km. Kalau pernah ke Kebun Buah Mangunan, rutenya sama, hanya saja letak Bukit Bego ini sebelum kebun buah tersebut, atau sekitar 3 km jauhnya.

Aksesnya sendiri berupa jalan beraspal dengan medan yang terus menanjak, namun tak begitu menyulitkan. Tak heran bila banyak yang bersepeda kemari, terutama di akhir pekan dan hari libur.

Nama Bego sendiri bukan berarti ‘bodoh’, namun diambil dari nama alat berat, yakni backhoe. Awalnya, bukit ini memang bekas proyek penggalian tanah.

Foto: Instagram @pedalfoto

Namun, aktivitas tersebut dikhawatirkan merusak lingkungan sekitar, sehingga izinnya dicabut oleh pemerintah setempat. Bukit itu sendiri kemudian dikembangkan sebagai destinasi wisata. Terlebih, lokasinya memang strategis, yakni berada di tepi jalan utama yang menghubungkan wilayah Kecamatan Imogiri dengan Dlingo.

Sebelum populer, wisatawan hanya memanfaatkan tempat ini sebagai spot untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian. Namun, seiring waktu, kawasan tersebut juga ramai oleh penyuka foto maupun pesepeda.

Foto: Instagram @iqbalrmdn0

Dari puncak bukit, kamu tak hanya bisa menikmati panorama alam, namun juga Pemakaman Imogiri dan Masjid Pajimatan Imogiri. Selain itu, kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit maupun terbenam di sini.

Jangan lewatkan momen tersebut tanpa memotretnya ya! Kamu bisa mengabadikan momen dengan latar pemandangan alam atau Patung Semar yang menjulang megah di Bukit Bego.

Foto: Instagram @imamwkwk

Kamu tak perlu membayar tiket masuk untuk memasuki kawasan Bukit Bego. Fasilitas yang tersedia di lokasi adalah area parkir yang cukup luas, gazebo untuk bersantai dan berpiknik, deretan kursi untuk duduk-duduk santai, toilet, serta warung-warung di sekitarnya untuk mengisi perut.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here