Camping di Puncak Galau, Pemandangannya Bikin Gagal Move On!

Foto: Instagram @kamazarove_rdw

Buat warga ibu kota yang berencana menikmati pemandangan malam yang cantik sembari berkemah di tengah alam, Bukit Kapur Ciampea di Kabupaten Bogor bisa menjadi pilihan. Ada beberapa puncak di sini yang bisa didaki, termasuk Puncak Galau yang berada di ketinggian 354 mdpl.

Konon, puncak ini dinamakan demikian karena ada sepasang kekasih yang bertengkar di depan pengelola wisata dan hubungannya kandas saat mau mendaki Puncak Galau. Sementara yang lain menyebutkan kalau tempat ini sering dijadikan destinasi untuk menenangkan diri di kala galau.

Foto: Instagram @aranda_purba

Terlepas dari asal usul penamaannya, pemandangan di sini memang luar biasa cantik. Bahkan, saking cantiknya, tak jarang banyak pendaki yang gagal move on dan tak sabar untuk kembali lagi ke sini demi menikmati keindahannya.

Untuk mencapai Puncak Galau ini sendiri mudah. Dari Stasiun Bogor, kamu bisa naik angkot ke Terminal Laladon, lalu dilanjutkan naik angkot Jasinga-Lewuwiliyang dan turun di depan SMK Pandu.

Foto: Instagram @nahdian_apriana

Dari jalan raya, kamu tinggal meneruskan berjalan kaki sekitar 10-15 menit menuju base camp. Setelah membayar biaya masuk Rp5.000 (dan biaya parkir Rp2.000 kalau naik motor), kamu bisa melanjutkan pendakian ke Puncak Galau dengan durasi 30-45 menit.

Biasanya, pendaki datang ke sini sebelum sunset, agar tak ketinggalan momen matahari terbenam dengan Gunung Salak yang menjulang gagah dari puncak ini. Kalau berniat bermalam, kamu bisa mendirikan tenda (lokasi camping-nya unik, berupa helipad!) dan menyaksikan pemandangan senja yang berhiaskan taburan bintang dan kelap-kelip lampu kota.

Foto: Instagram @abie_bette

Keesokan harinya, pastikan bangun sepagi mungkin agar tak ketinggalan momen matahari terbit yang juga tak kalah cantik. Sebelum matahari mulai naik dan cuaca semakin terik, kamu bisa kembali lagi ke base camp untuk perjalanan pulang, atau melanjutkan pendakian ke titik lainnya, seperti Puncak Lalana yang merupakan puncak tertinggi di sini.

Baca juga: Trekking ke Puncak Lalana, Seru dan Menantang!

Oh ya, menurut informasi terkini dari akun Instagram resmi Pos Registrasi Puncak Galau, @geopark_puncakgalau (WhatsApp 087722834664), jalur pendakian di Puncak Galau ini tengah ditutup hingga 20 April 2021 untuk menghargai umat Islam yang tengah menjalani puasa awal Ramadan. Jalur pendakian dibuka kembali mulai Rabu, 21 April 2021.

Foto: Instagram @indrasutantoo

Selain itu, para pendaki wajib mengenakan masker, membawa hand sanitizer, dan memakai sepatu yang tepat untuk mendaki karena akan melalui jalur bebatuan. Pakaian pun sebaiknya yang nyaman dan tidak memakai yang berbahan jeans. Bila berniat berkemah, disarankan membawa perlengkapannya sendiri untuk menjaga kebersihan di tengah pandemi.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here