Pantai Teluk Asmara, Miniatur Raja Ampat di Malang

Saking banyaknya pantai yang ada di selatan Malang, tak mudah memang untuk menentukan ingin liburan ke mana. Apalagi, masing-masing pantai memiliki pesonanya tersendiri.

Misalnya, Pantai Teluk Asmara, atau yang lebih dikenal sebagai Pantai Teluk Asmoro oleh warga setempat. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih dengan bebatuan karang yang terhampar di perairannya yang biru.

Foto: Dok. Google Maps/Rio Wija

Saking indahnya, banyak yang menjulukinya sebagai miniatur Raja Ampat. Pantai ini sendiri dinamakan Teluk Asmara karena ada bebatuan karang di dekatnya yang bentuknya menyerupai hati bila dilihat dari atas. Kalau punya kamera drone, boleh banget dibawa untuk memotret keindahannya dari ketinggian!

Pantai ini sendiri bisa kamu capai dengan berkendara sejauh 75 km dari pusat kota Malang, atau sekitar 2,5 jam lamanya. Tiket masuknya terjangkau, hanya Rp10.000 per orang. Setelah memarkirkan kendaraan, kamu bisa berjalan menanjak dulu, lalu menuruni anak-anak hingga akhirnya tiba di area pantai. Jaraknya tak terlalu jauh, namun cukup menguras tenaga.

Foto: Dok. Google Maps/Kaka Kristin

Setibanya di area pantai, kamu akan disuguhkan hamparan pasir putih dan perairan pirus yang mengepungnya. Bebatuan karang yang rimbun oleh tanaman di sekitarnya pun dapat terlihat dari sini.

Karena ombaknya yang tenang, kamu bisa bermain air dan berenang di tepian pantai. Kalau membawa peralatan snorkeling, kamu juga bisa menyelami perairannya untuk melihat hamparan terumbu karang dan biota laut lainnya.

Kelar beraktivitas, kamu bisa bersantai  ataupun berpiknik di hamparan pasir putihnya yang bersih sembari menanti senja. Beberapa pengunjung bahkan sengaja mendirikan tenda di sini untuk berkemah dan menikmati suasana pantai di malam hari sembari menyalakan api unggun.

Opsi lainnya, kamu bisa menuju puncak bukit-bukit yang ada di sekitar pantai untuk melihat pemandangannya dari ketinggian. Beberapa titik bahkan dilengkapi spot foto yang menarik, cocok buat mengisi postingan di media sosial.

Foto: Instagram @mnickyy_

Soal fasilitas, kamu tak perlu khawatir, karena sudah cukup lengkap, dari toilet, musala, hingga toko-toko yang menjual makanan, minuman, suvenir, dan pakaian. Kalau ingin berpiknik dan berkemah namun tak membawa peralatannya, ada pula yang menyewakan tenda, hammock, dan tikar dengan harga terjangkau.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here