Pantai Batu Bengkung, Pantai Asyik buat Camping di Malang

Foto: Instagram @franssaldio

Malang menyimpan banyak pantai indah dan alami yang masih belum banyak diketahui wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Batu Bengkung yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan.

Pantai ini dapat diakses dari pusat kota Malang dengan berkendara sekitar tiga jam. Untuk aksesnya sendiri, Google Maps biasanya mengarahkan navigasi ke Pantai Batu Bengkung via Bantoer, namun jalanan di sana rusak.

Foto: Instagram @_ir.candy

Karena itu, disarankan lewat Sumbermanjing yang jalanannya lebih mulus. Nantinya, kamu akan melewati deretan pantai lain, seperti Pantai Sendangbiru, Pantai Tiga Warna, Pantai Goa Cina, dan Pantai Bajulmati, hingga akhirnya sampai di Pantai Batu Bengkung.

Setibanya, kamu akan disuguhkan keindahan pantai yang didominasi bebatuan karang. Suasananya terbilang sepi, apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, sehingga kalau ingin merasakan suasana pantai privat dan menjauh dari keramaian, pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi liburanmu.

Foto: Instagram @andrian_nugraha

Layaknya pantai-pantai selatan lainnya, ombak di sini besar dan tinggi. Karena itu, pengunjung tidak diperbolehkan berenang di perairannya karena sangat berbahaya.

Namun, sebagai gantinya, kamu bisa menuju kolam alami yang terletak di balik bebatuan karang. Saat sedang pasang, kolam yang terbentuk akibat adanya cekungan ini akan terisi air dari ombak yang datang dari tengah laut. Di kolam itulah pengunjung bisa bebas bermain air dan berenang tanpa takut terseret ombak.

Foto: Instagram @ulfanabela

Pantai ini juga memiliki bukit-bukit berbatu yang bisa didaki. Dari puncaknya, kamu bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Saat terbaik mendakinya adalah menjelang senja untuk mengabadikan panorama matahari terbenam.

Berkat keindahan alamnya inilah sejumlah pengunjung tak hanya datang berkunjung untuk sekadar bermain di pantainya, namun sekalian berkemah di atas hamparan pasir putihnya.

Foto: Instagram @anandatenri

Berkemah di sini, kamu akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas penunjang, dari toilet, kamar mandi, warung makan, hingga musala. Bahkan bila tak membawa tenda, di lokasi ada tempat yang menyewakan perlengkapan berkemah. Jadi kamu tak perlu repot-repot lagi menyiapkannya.

Biaya masuk Rp10.000 per orang dan Rp10.000 untuk parkir. Kalau ingin berkemah, tak perlu membayar biaya tambahan. Lokasi parkirnya sendiri tak jauh dari pantai, jadi kamu tak perlu berjalan jauh.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here