Menyelami Keindahan Bawah Laut Pulau Tanjung Putus

Foto: Instagram @sweetmauschris

Mengunjungi Lampung memang tak pernah membosankan. Kawasan ini tak hanya terkenal akan kulinernya. Belakangan, wisata alamnya, terutama deretan pulau dan pantainya, kian difavoritkan sebagai destinasi liburan karena keindahannya. Lokasinya pun mudah dicapai dari ibu kota, sehingga tak sedikit warga Jakarta dan sekitarnya yang menjadikannya sebagai lokasi pilihan untuk melewatkan akhir pekan.

Dari sekian banyak pulau yang ada di sini, salah satunya yang menarik dikunjungi adalah Pulau Tanjung Putus. Kalau sudah pernah ke Pulau Pahawang atau Pulau Kelagian, lokasi Pulau Tanjung Putus ini tak jauh dari sana, persis di sebelah selatan.

Foto: Dok. Google Maps/Agung Nugraha

Untuk mencapainya, kamu dapat menuju Dermaga Ketapang di Kabupaten Pesawaran. Letaknya sekitar 35 km dari pusat kota Bandar Lampung, atau dapat ditempuh dengan 45 menit berkendara. Setibanya, kamu bisa langsung menyewa perahu milik warga setempat untuk menuju Pulau Tanjung Putus.

Biayanya sekitar Rp400.000-Rp500.000 untuk dua arah. Perahu tersebut dapat menampung 8-10 orang. Jadi bila datang bersama teman-teman, biayanya tentu lebih murah karena bisa patungan. Lama perjalanannya sendiri sekitar satu jam.

Foto: Instagram @adien_rohyanudin

Konon nama Tanjung Putus ini diberikan karena pulau ini bila dilihat dari atas tampak seperti tanjung yang terpisah. Ada pula yang menyebutkan kalau pulau ini dulunya menyatu dengan Pulau Sumatera. Namun karena abrasi, sebagian daratannya pun tertutup air laut dan akhirnya menjadi selat kecil.

Memiliki pantai yang cukup landai, perairannya yang berwarna pirus memang menggoda untuk diselami. Apalagi, bawah lautnya menyimpan terumbu karang dan beragam biota laut lainnya, termasuk berbagai macam ikan warna-warni, sehingga snorkeling dan scuba diving pun menjadi kegiatan wajib saat berkunjung ke sini.

Foto: Instagram @sweetmauschris

Spot-spot snorkeling-nya sendiri tak jauh dari bibir pantai. Tanpa naik perahu, kamu bisa berenang ke spot-spot cantik tersebut untuk melihat keindahan bawah lautnya. Sementara yang tertarik scuba diving, dapat meminta pemandu untuk mengantarkan ke spot yang lebih dalam.

Kelar menyaksikan keindahan bawah lautnya, kamu dapat bermain kayak atau bersantai di tepian pantai sebelum naik kapal untuk perjalanan pulang, atau bermalam di salah satu homestay yang dikelola oleh warga setempat. Kalau mengutamakan kenyamanan, Pulau Tanjung Putus juga memiliki sejumlah vila, hotel, dan resor dengan lokasi persis di tepi pantai. Beberapa di antaranya bahkan menawarkan paket menginap yang sudah termasuk makan dan transportasi dari/ke Dermaga Ketapang.

Foto: Instagram @tanjung_putus

Opsi lainnya, kamu bisa menggunakan paket wisata dari berbagai operator tur, seperti @tanjungputusisland. Besaran biayanya tergantung jumlah peserta maupun fasilitas apa saja yang disertakan ke dalam paket. Misalnya, untuk private trip satu hari ke Pulau Tanjung Putus, biayanya Rp960.000 orang dengan peserta dua orang. Biaya ini semakin murah bila jumlah pesertanya semakin banyak. Misalnya, biayanya menjadi Rp280.000 per orang untuk peserta 10-12 orang.

Untuk biaya di atas, paket turnya sudah termasuk kapal untuk eksplorasi Pulau Tanjung Putus dan pulau-pulau di sekitarnya, makan satu kali, air mineral, alat snorkeling, life jacket, tiket masuk pulau maupun spot snorkeling, kamera bawah laut, pemandu, dokumentasi selama perjalanan, dan kamar bilas. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa menghubungi admin @tanjungputusisland via WhatsApp 085325240652.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here