Biar Tak Boros, Simak 7 Cara Menghemat Pengeluaran untuk Perjalanan Snorkeling

Dengan mayoritas wilayahnya yang berupa lautan, Indonesia merupakan salah satu tempat terbaik untuk melakukan perjalanan snorkeling.

Namun, seringkali biaya untuk melakukan snorkeling bisa cukup mahal, terutama bila menggunakan jasa operator tur atau menyewa peralatan snorkeling. Berikut adalah beberapa tips menghemat uang untuk perjalanan snorkeling di Indonesia.

1. Bawa peralatan snorkeling sendiri

Salah satu cara termudah untuk menghemat biaya snorkeling adalah dengan membawa peralatan snorkeling sendiri. Dengan cara ini, kamu tak perlu lagi membayar biaya sewa peralatan dan dapat melakukan snorkeling di berbagai lokasi tanpa perlu bergantung pada operator tur. Lagipula peralatan snorkeling milik sendiri tentu jauh lebih higienis dan nyaman ketika digunakan ketimbang peralatan snorkeling di tempat rental.

2. Tentukan lokasi yang dekat dari tempat tinggal

Tak ada salahnya bermimpi snorkeling di tempat-tempat eksotis seperti Raja Ampat. Namun kalau bujetnya masih terbatas, rencana tersebut bisa masuk ke dalam bucket list dulu. Sebagai gantinya, pilih lokasi yang terdekat dari tempat tinggal untuk menghemat pengeluaran.

Misalnya, kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya bisa memilih ke Kepulauan Seribu. Sedang road trip di kawasan pesisir Jawa Tengah? Tak ada salahnya sekalian ke Karimunjawa. Sementara di lepas pantai utara Gresik, kamu bisa menjumpai Pulau Bawean.

3. Rencanakan rute perjalanan dengan baik

Biar anggaran perjalananmu tak membengkak, pastikan merencanakan rute perjalanan dengan baik. Jangan sampai harus membuang ongkos lebih untuk transportasi karena harus bolak-balik ke tempat-tempat yang seharusnya bisa dikunjungi dalam satu kali perjalanan. Opsi lainnya, pilih akomodasi yang lokasinya tak begitu jauh dari lokasi snorkeling tujuanmu.

4. Pilih waktu yang tepat

Hindari melakukan perjalanan snorkeling saat musim liburan atau saat high season. Pasalnya, harga untuk operator menyelam, penginapan, atau transportasi bisa jauh lebih mahal dibandingkan saat low season.

5. Cari paket snorkeling

Di beberapa kasus, ada kalanya membeli paket perjalanan snorkeling bisa lebih murah ketimbang mengatur perjalanan itu sendiri. Pasalnya, dengan membeli paket, biaya seperti sewa kapal bisa dibagi banyak orang.

Selain itu, dalam paket snorkeling biasanya sudah termasuk transportasi, peralatan snorkeling, dan biaya masuk ke lokasi snorkeling. Dengan memilih paket snorkeling, kamu dapat menghemat waktu dan uang.

6. Jangan membeli makanan dan minuman di lokasi snorkeling

Biasanya, harga makanan dan minuman di lokasi snorkeling jauh lebih mahal dari harga di tempat lain. Ada baiknya untuk membawa bekal makanan dan minuman sebelum ke lokasi. Selain bisa menghemat biaya, kamu juga bisa lebih leluasa memilih makanan yang sesuai dengan selera.

7. Jangan lupa bernegosiasi

Jangan takut untuk menawar harga. Di beberapa tempat, harga seperti peralatan snorkeling atau biaya sewa kapal bisa dinegosiasikan. Jangan ragu untuk mencoba menawar agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Itulah beberapa tips menghemat uang untuk perjalanan snorkeling di Indonesia. Dengan mengikuti tips tersebut, kamu dapat menikmati pengalaman snorkeling yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here