5 Manfaat Senam Aerobik, Olahraga Singkat untuk Bugarkan Tubuh di Rumah

Berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh wajib dilakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Namun seringkali kita malas bergerak, apalagi di kondisi sekarang ini yang mesti banyak berdiam diri di rumah.

Padahal banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Salah satunya adalah senam aerobik. Tanpa membutuhkan ruangan luas ataupun peralatan khusus, tak ada lagi alasan untuk tak berolahraga selagi di rumah.

Senam aerobik sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa di antaranya.

1. Menurunkan berat badan

Manfaat utama yang kamu dapatkan dari senam aerobik adalah menurunkan berat badan karena jenis olahraga satu ini mampu membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak. Cukup lakukan senam secara rutin, setidaknya 30 menit per hari. Bila dipadukan dengan konsumsi makan yang sehat, tentu berat badan ideal akan semakin cepat tercapai.

2. Menyehatkan jantung

Gerakan pada senam aerobik bisa membuat napas dan jantung berdetak lebih cepat, sehingga menguatkan jantung dan membuatnya mampu memompa darah dengan lebih efisien. American Heart Association bahkan menyarankan mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung untuk melakukan senam aerobik. Selain itu, senam aerobik juga bisa membantu menurunkan kadar kolestorol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

3. Meningkatkan stamina

Buat yang jarang berolahraga, tubuh tentu akan mengalami kelelahan saat pertama kali melakukan senam aerobik. Namun bila melakukannya secara rutin, stamina tubuh perlahan-lahan akan meningkat dan rasa lelah pun berkurang.

4. Memperbaiki suasana hati

Manfaat senam aerobik tak hanya untuk kebugaran tubuh, namun juga kesehatan mental. Gerakan pada senam aerobik bisa membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang baik untuk meningkatkan suasana hati dan memberikan rasa bahagia. Tak hanya itu, olahraga ini juga bisa membantu mengatasi gejala depresi maupun meredakan rasa cemas.

5. Membantu mengatasi insomnia

Senam aerobik bisa membuat tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun perhatikan waktu berolahraga agar tidak berdekatan dengan waktu tidur. Saat berolahraga, suhu tubuh akan naik dan tubuh menjadi segar, sehingga bisa menyulitkan untuk tidur. Ingat juga untuk tidak langsung mandi setelah selesai berolahraga.

Nah, sudah termotivasi untuk senam aerobik? Kalau ya, kamu bisa mulai melakukannya dari sekarang (ya, hari ini, jangan tunda lagi!). Lakukan senam aerobik setidaknya 150 menit dalam seminggu, yang bisa dibagi menjadi 5 kali seminggu dengan 30 menit tiap sesi, atau 3 kali seminggu dengan 1 jam tiap sesi.

Biar lebih bersemangat, ajak pula anggota keluarga untuk berolahraga bersama. Kamu tinggal menyetel channel YouTube yang menayangkan video-video senam aerobik, seperti SKWAD Fitness dan BodyFit By Bagus.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here