Warna-warni Bunga Tropis dalam Pameran The Garden of Memories di Artotel Yogyakarta

Foto: Instagram @hi_rawraw

Pandemi yang sedang berlangsung tak menghalangi Artotel Group dalam menghadirkan pameran seni. Terbaru, jaringan perhotelan tersebut menyuguhkan pameran seni tunggal seniman Citra Pratiwi (Rawraw) yang bertajuk The Garden of Memories.

Rawraw sendiri merupakan nama samaran sekaligus studio eksperimen untuk tema-tema urban hasil karya Citra Pratiwi. Konon, Citra memang dikenal sebagai seniman lintas disiplin dan kurator.

Foto: Instagram @hi_rawraw

Pameran ini berangkat dari konsep Ephemera yang merupakan sebuah kata yang digunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang tidak kekal. Rawraw kemudian menggunakan warna-warni bunga untuk melambangkan Ephemera, menghadirkan bentuk yang menggugah kenangan penikmat seni melalui karyanya.

Rawraw juga menghubungkan benang merah Ephemera dengan konsep Mono no Aware dalam budaya Jepang, yang merupakan sebuah bentuk kesadaran akan ketidakkekalan, sehingga membuat manusia memiliki empati terhadap hal-hal kecil.

Foto: Instagram @hi_rawraw

Hasilnya, karya-karya tersebut tampak ekspresif dengan dominasi warna-warna cerah. Suyanthi Zulkifli dalam catatan kuratorialnya bahkan menyebutkan kalau pameran tersebut bagai parade bunga di musim panas.

“Dalam pameran tunggal kali ini, Rawraw menghadirkan seri Bloom, serangkaian warna-warni bunga tropis di musim panas yang mekar secara massal,” begitu tulisnya.

Foto: Instagram @hi_rawraw

Berlangsung mulai 24 Agustus hingga 24 Oktober 2021 di Artotel Yogyakarta, pameran ini akan menampilkan 13 karya, dengan delapan di antaranya merupakan karya dua dimensi, sementara lima sisanya merupakan tiga dimensi.

Digelar di tengah PPKM level 4, pameran seni akan dibuka untuk umum dengan menerapkan protokol kesehatan. “Kami akan tetap melakukan kegiatan pameran seni sebagai bentuk dukungan terhadap industri kreatif, khususnya di Yogyakarta,” kata Tuning Mamiek, General Manager ARTOTEL Yogyakarta.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here