Sejuk dan Asri, Hutan Kota Bungkirit Cocok untuk Lokasi Joging

Foto: Dok. Google Maps/Satrio Ikhwan Prayogi

Tanpa perlu susah payah mendaki gunung, mengunjungi hutan kota yang memiliki suasana asri dan menyejukkan juga bisa menjadi pilihan untuk melepas stres sembari berolahraga untuk menyehatkan badan. Bila sedang berada di Kuningan, Hutan Kota Bungkirit dapat menjadi pilihan.

Kawasan hutan kota di Jalan Raya Cigugur, Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan Kuningan ini letaknya hanya sekitar dua kilometer jauhnya dari Alun-alun Kuningan. Karena berlokasi strategis dan mudah diakses dari pusat kota, tak heran bila hutan kota ini kerap dikunjungi warga setempat, terutama di akhir pekan.

Foto: Instagram @septiawan_id

Seluas 1,5 hektar, Hutan Kota Bungkirit ini menawarkan taman-taman yang tertata rapi serta area bermain anak yang dilengkapi ayunan dan perosotan. Untuk mengaksesnya, pengunjung dapat mengitari kawasan tersebut dengan menelusuri trek berupa jalan setapak yang dipasangi bebatuan, tangga, jembatan, dan pegangan besi.

Nah, trek itu jugalah yang bisa dipakai sebagai trek joging. Kamu bisa berjalan santai atau berlari melintasi trek yang membelah kawasan hutan kota tersebut untuk berolahraga sembari menikmati pemandangan yang menyegarkan mata.

Koleksi tanaman di Hutan Kota Bungkirit memang cukup beragam. Ada trembesi sebagai pohon peneduh, kayu jati yang menjulang tinggi, hingga mahoni yang daunnya dapat menyerap polutan di sekitarnya. Tak hanya itu, beberapa jenis di antaranya ada yang tumbuh liar di kawasan ini, seperti benying, bisoro, dan mara.

Saking rimbunnya kawasan ini, kamu bisa menjumpai sejumlah hewan liar yang menghuni Hutan Kota Bungkirit. Beberapa di antaranya adalah burung ketilang, bajing kelapa, kadal kebun, kelelawar, dan masih banyak lagi.

Foto: Instagram @dr.gilangpa

Di sela-sela mengitari kawasan ini, kamu dapat beristirahat di gazebo ataupun bangku-bangku yang tersedia di seluruh penjuru hutan. Tempat duduk itu juga bisa kamu manfaatkan untuk berpiknik dengan membawa bekal yang telah disiapkan sebelumnya.

Fasilitas lain yang tersedia di Hutan Kota Bungkirit adalah toilet, musala, dan kantin. Untuk masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya, alias gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir bila membawa kendaraan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here