Tingkatkan Kesadaran Akan TBC, TOSS TBC Virtual Run & Ride Digelar

TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit menular yang dapat menyerang organ tubuh, terutama paru-paru. Di Indonesia sendiri, jumlah kasus TBC mencapai satu juta, dengan jumlah kematian akibat TBC diperkirakan mencapai 110.000 kasus per tahun.

Karena itulah kemudian Kementerian Kesehatan RI mengampanyekan gerakan sosial TOSS TBC (Temukan dan Obati Sampai Sembuh TBC) sebagai salah satu langkah untuk menemukan, mendiagnosis, mengobati, dan menyembuhkan pasien TBC, selain juga menghentikan penularan TBC di masyarakat.

Salah satu bagian dari gerakan tersebut adalah gelaran TOSS TBC Virtual Run & Ride 2021. Didukung oleh PT Johnson & Johnson Indonesia, ajang ini mengajak masyarakat untuk mengambil bagian dan berperan aktif dalam mendukung pencegahan dan penanggulangan penyakit TBC di Indonesia, salah satunya lewat berolahraga.

Tentunya, karena masih dalam situasi pandemi, kegiatan ini dilakukan secara virtual dan tidak melibatkan pengumpulan massa, sehingga tetap aman. Peserta pun diminta untuk berolahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Total ada empat kategori yang dapat diikuti, yakni Individual 20,3K Run, Individual 76K Ride, 3-Person Group 76K Run, dan 3-Person Group 203K Ride. Peserta wajib menyelesaikan jarak lari dan bersepeda tersebut antara 17 Agustus hingga 31 Agustus 2021.

Peserta bisa mendaftarkan diri lewat cause.id dengan periode registrasi hingga 16 Agustus 2021. Biaya pendaftaran Rp119.000 untuk kategori individu dan Rp350.000 untuk kategori kelompok. Sebagian biaya tersebut akan didonasikan ke Dompet Dhuafa untuk mewujudkan Indonesia Bebas TBC pada 2030.

Jarak tempuh bisa diselesaikan dalam beberapa kali berlari dan bersepeda, baik di luar ruang atau menggunakan treadmill dan sepeda statis. Setelah berlari dan bersepeda, peserta dapat mengumpulkan dan mengunggah hasilnya di aplikasi maupun situs web Cause. Bila menggunakan aplikasi, pastikan sudah tersinkronisasi dengan Garmin Connect, Strava, Suunto, atau Polar.

Seluruh peserta yang berhasil menyelesaikan jarak tempuh berlari maupun bersepeda akan menerima hadiah berupa medali dan e-sertifikat. Peserta juga dapat mengikuti kompetisi foto Instagram untuk berkesempatan memenangkan hadiah berupa Honor Band 5. Info lebih lanjut, kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here