Tanpa Peralatan Khusus, 4 Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Sesibuk apa pun, latihan fisik tetap perlu kamu lakukan secara rutin untuk menikmati berbagai manfaatnya. Mulai dari mengurangi tingkat kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, hingga menurunkan berat badan.

Pandemi yang membuatmu harus berdiam diri di rumah juga bukan alasan untuk tak berolahraga. Tanpa perlu peralatan khusus, berikut beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Yoga

Terlepas dari apakah kamu pemula atau sudah berpengalaman, banyak gerakan yoga yang bisa kamu coba untuk berolahraga – mulai dari yang tenang dan santai seperti hatha atau yin, atau yang lebih intens seperti sesi power yoga.

Kelas yoga yang gratis pun banyak tersedia secara daring, seperti video yoga dari channel YouTube Yoga With Adriene yang populer. Setelah terbiasa dengan pose dan urutannya, kamu tinggal menyusun latihanmu sendiri tanpa perlu bantuan video.

Tanpa matras yoga, kamu bisa memanfaatkan karpet yang ada di rumah. Kamu juga bisa menambahkan handuk di atasnya untuk kelembutan ekstra.

2. Menari

Entah gerakan menari mengikuti irama musik pop favorit, rutinitas hip hop dengan koreografi yang sulit, atau berdansa dengan pasangan di ruang tamu, menari sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Bahkan, menari diklaim dapat membakar 250 hingga 500 kalori per jamnya, tergantung jenis tarian.

Kalau membutuhkan instruksi atau ingin menari dengan gaya tertentu, kamu bisa mencoba mengambil kelas online yang tersedia secara gratis. Lebih bagus lagi bila pasangan atau anggota keluarga yang serumah bisa menari, sehingga kamu bisa belajar langsung. Tanpa peralatan, kamu hanya perlu mengosongkan ruangan agar bisa bergerak bebas.

3. Barre

Barre merupakan latihan intens yang berfokus untuk menguatkan otot inti, meningkatkan daya tahan kardiovaskular, dan meningkatkan keseimbangan. Banyak orang yang mengatakan barre membutuhkan peralatan khusus, namun nyatanya kamu dapat memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah.

Misalnya, untuk menggantikan barre yang biasanya terpasang di dinding, kamu dapat menggunakan kursi atau meja makan. Untuk latihan yang membutuhkan beban pada tangan, kamu dapat memakai makanan kalengan, atau tidak melakukannya tanpa beban sama sekali.

Latihan barre gratis tersedia di YouTube. Untuk pemula, awali dengan sesi singkat sekitar 20 menit, baru dari situ mulai tingkatkan latihan secara bertahap

4. HIIT

High-Intensity Interval Training, atau disingkat HIIT, cocok untuk orang yang ingin memaksimalkan latihan mereka dalam waktu sesingkat mungkin. Misalnya, jumping jacks sebanyak mungkin selama 60 detik, lalu jeda 30 detik sebelum beralih ke serangkaian squat atau push-up.

Program latihan HIIT dapat dengan mudah ditemukan di YouTube atapun aplikasi smartphone, seperti Seven: 7 Minute HIIT Workout, J&J Official 7 Minute Workout, dan Fiit: Workouts & Fitness Plans.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here