Tertarik Yoga? Ini Gerakan Dasar yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Pandemi yang tak kunjung selesai membuat banyak orang ragu untuk beraktivitas di luar. Meski demikian, bukan berarti kamu tak bisa berolahraga di rumah. Apalagi aktivitas ini penting dilakukan untuk menjaga kebugaran.

Kalau kamu tinggal di hunian yang tak memiliki banyak ruang untuk berolahraga, seperti apartemen, kamu bisa menjajal yoga. Buat yang belum berpengalaman, ada beberapa gerakan untuk pemula yang bisa dicoba.

Tentu saja melakukan yoga sebaiknya didampingi instruktur yang siap membetulkan gerakan maupun mencegah terjadinya cedera. Namun, beberapa gerakan dasar ini terbilang simpel dan mudah diikuti, sehingga bisa kamu coba sendiri secara mandiri di rumah.

1. Mountain pose

Gerakan ini bisa dibilang salah satu yang paling sederhana, namun bermanfaat untuk memperbaiki postur dan keseimbangan tubuh, serta memperkuat paha dan tubuh bagian tengah.

Untuk melakukannya, berdirilah tegak dengan posisi tumit agak terpisah dan lengan di samping tubuh. Pastikan postur tubuh benar-benar lurus, kemudian tahan posisi tersebut sambil sambil mengambil napas panjang 8-10 kali.

2. Tree pose                 

Gerakan ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan meningkatkan kemampuan fokus. Kamu tinggal berdiri tegak, lalu tekuk lutut dan tempelkan telapak kaki di bagian paha. Setelah seimbang, letakkan kedua tangan di depan seperti sedang berdoa.

Saat menarik napas, rentangkan tangan ke atas. Tahan selama 30 detik, lalu buang napas dan kembali ke posisi semula. Setelah itu, ganti kaki sebelahnya dan ulangi gerakan yang sama.

3. Seated yoga pose

Kamu juga bisa menjajal seated yoga pose setelah sebelumnya melakukan gerakan yang bertumpu pada pose berdiri. Bertujuan untuk menguatkan otot dan membuat tubuh rileks, cukup lakukan pose ini dengan duduk bersila, tubuh tegap, dan dada membusung ke depan.

4. Downward facing dog

Setelah menguasai pose-pose sebelumnya, kamu bisa melakukan gerakan ini untuk membantu meregangkan otot dada, lengan, punggung, dan kaki.

Caranya, bungkukkan tubuh dengan meletakkan kedua tangan di matras. Posisikan tangan sedikit di depan bahu, lalu luruskan lutut hingga tubuh membentuk huruf V terbalik. Pastikan posisi tubuh tetap lurus, kemudian tahan posisi tersebut sambil mengambil napas panjang 5-10 kali.

5. Child’s pose

Sesi yoga biasanya ditutup dengan child’s pose yang bermanfaat untuk merilekskan tubuh dan meregangkan otot.

Dari downward facing dog, kamu bisa menurunkan tubuh ke posisi berlutut, dengan telapak tangan tetap menempel ke matras dan kepala menghadap lantai. Luruskan tangan ke depan sejauh mungkin, lalu tahan pose ini selama satu menit lamanya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here