Cantiknya Pulau Sangiang, Spot Favorit untuk Snorkeling di Sekitar Banten

Foto: Instagram @greenpackerr

Sudah sering liburan di Kepulauan Seribu dan ingin mencari opsi destinasi pantai yang masih dekat Jakarta? Coba merapat ke Banten yuk, ada lokasi snorkeling menarik di provinsi tersebut. 

Adalah Sangiang, pulau mungil di Kabupaten Serang yang selama ini sudah menjadi lokasi favorit warga Banten untuk melewatkan liburan. Dapat diakses dengan naik kapal dari Anyer, pulau yang terletak di Selat Sunda ini masih asri dengan rimbunnya vegetasi hutan yang masih terjaga kealamiannya. 

Foto: Instagram @laurariesta

Karena itulah, kebanyakan pelancong datang kemari sedari pagi agar dapat puas menikmati pesona alam yang ditawarkan pulau ini. Terlebih, perairan biru nan jernih yang mengepungnya mengundang untuk diselami. 

Bila ingin snorkeling, kamu dapat menuju beberapa titik terbaiknya, seperti Lagoon Waru dan Lagoon Bajo dengan beragam ikan cantik warna-wani dan terumbu karang yang masih bagus. Sementara bagi penyuka scuba diving, dapat menyelam di sekitar perairan Tanjung Raden. 

Foto: Instagram @adityafajarr

Puas bermain air, sorenya kamu dapat menyusuri kawasan sekitar pantai untuk melihat atraksi menarik lainnya, seperti Gua Kelelawar yang sesuai namanya, merupakan habitat bagi para kelelawar. 

Kamu juga dapat mendaki bukitnya untuk menikmati keindahan Pulau Sangiang dari ketinggian. Ada dua puncak yang dapat didaki, yakni Puncak Harapan dan Puncak Begal. 

Foto: Instagram @explorebantentravel

Puncak Harapan menawarkan pemandangan hamparan lautan lepas, sehingga menjadi lokasi favorit untuk menikmati matahari terbenam. Sementara Puncak Begal yang terletak menjulang di Pantai Sepanjang memiliki warung untuk bersantai sembari menunggu senja. 

Akses

Untuk menuju Pulau Sangiang, kamu dapat berkendara terlebih dahulu ke Pelabuhan Paku Anyer selama sekitar dua jam dari pusat kota Jakarta. Setibanya, kamu dapat langsung naik kapal berkapasitas 15 orang untuk menyeberang ke Pulau Sangiang. 

Foto: Instagram @drone_banten

Tergantung kondisi, durasi perjalanannya sekitar 45 hingga 60 menit. Karena ombaknya lumayan besar, selain mesti berada di kapal cukup lama, bagi yang mudah mabuk laut sebaiknya mengonsumsi obat antimual sebelum perjalanan. 

Kalau tak ingin repot, kamu juga dapat membeli paket wisata dari operator tur dengan kisaran biaya mulai Rp200.000 hingga Rp500.000 per orang, tergantung durasi perjalanan (satu hari atau satu malam) dan fasilitas apa saja yang disertakan. 

Foto: Instagram @ahfa_53

Explore Banten Travel menawarkan open trip ke Pulau Sangiang dengan biaya mulai Rp200.000 per orang untuk day trip, sudah termasuk biaya sewa kapal, makan siang, dokumentasi foto, dan pemandu. Destinasi yang dikunjungi adalah Lagoon Waru, Lagoon Bajo, Gua Kelelawar, Puncak Begal, Puncak Harapan, dan Pantai Sepanjang. Sama seperti agen wisata lainnya di Serang yang menawarkan trip ke Pulau Sangiang, meeting point-nya adalah di Pelabuhan Paku Anyer. 

Opsi lainnya, kamu dapat memilih paket wisata yang sudah termasuk keberangkatan dari Jakarta, seperti yang ditawarkan Funtrips Tour dengan biaya Rp500.000 per orang. Tarif ini sudah termasuk transportasi, homestay, makan tiga kali, dan dokumentasi bawah laut. Biaya belum termasuk sewa alat snorkeling untuk dua hari, yakni Rp80.000 per orang. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here