Mengenal Chai Yok, Ritual Spa Unik dari Korea Selatan

Buat yang sering menonton drama Korea, tentu sudah tak asing lagi dengan sejumlah perawatan spa ala Negara Ginseng. Dari sauna, body scrub, hingga body massage, setiap perawatan tersebut memiliki manfaatnya tersendiri bagi tubuh, selain menggunakan bahan-bahan tradisional untuk hasil yang lebih optimal.

Dari sekian banyak perawatan yang ada, ada salah satu yang unik, yakni chai yok. Perawatan spa tradisional ini dikhususkan untuk organ intim wanita.

Mirip ratus di Indonesia, ritual chai yok ini dilakukan dengan duduk di bangku kayu yang bagian tengahnya berlubang. Kemudian, terapis akan membakar aneka tanaman herbal di bawah kursi tersebut. Asap dari pembakaran inilah yang dimanfaatkan untuk merawat organ intim wanita.

Bahan utama yang digunakan dalam perawatan ini adalah mugwort dan wormwood. Mugwort berfungsi sebagai antibiotik alami dan antijamur yang mendukung kesehatan rahim. Wormwood digunakan untuk masalah pencernaan serta untuk melawan infeksi dan parasit. Tetapi ada juga ramuan lain yang digunakan, tergantung pada tujuan pengobatan, seperti kemangi, oregano, dan calendula.

Foto: Instagram @jeevansingh.co

Durasi perawatan bervariasi antara setengah hingga satu jam, dan bisa diulang selama beberapa kali sesi. Setelah perawatan, biasanya bisa terjadi kram ringan atau keputihan. Namun hal tersebut diklaim normal, dan merupakan pertanda baik kalau tubuh sedang membersihkan diri.

Konon, perawatan ini sudah dilakukan oleh para wanita di Korea sejak ratusan tahun lalu. Umumnya, mereka menjalani sesi terapi chai yok setelah menstruasi, pascamelahirkan, atau untuk menyembuhkan atau meringankan penyakit tertentu.

Manfaat lainnya termasuk mengurangi stes; melancarkan sirkulasi darah; mengatasi insomnia; mencegah migrain; mengatasi masalah kewanitaan, seperti haid tidak lancar; menstabilkan hormon tubuh; membuat kulit sehat, halus, dan tidak kering; menghilangkan pegal-pegal; mencegah kanker serviks dan kanker prostat; serta meningkatkan stamina dan vitalitas.

Karena banyak manfaatnya, terapi ini juga bisa dilakukan oleh pria. Fungsi utamanya sama, yakni membuang semua racun dalam tubuh, terutama bagi perokok maupun yang suka minuman beralkohol. Manfaat lainnya adalah mencegah ejakulasi dini dan mengatasi pengentalan darah yang biasanya menjadi penyebab kesuburan pria terganggu.

Foto: Instagram @l_i_e__

Kalau kamu tertarik mencobanya, bisa mengunjungi salah satu tempat spa yang menyediakan ritual ini, seperti Migung Indonesia yang beralamatkan di Ruko Manyar Permai Blok D No. 6, Jl. Pantai Indah Selatan 2 RT 13/RW 6, Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Untuk konsultasi maupun menikmati promo first trail dengan diskon 50 persen, kamu bisa menghubungi 0821 1212 2279. Ikuti juga akun Instagram @migungindonesia untuk promo terbarunya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here