Bosan ke Ancol? Cobain Gowes ke Pantai Tanjung Pasir Yuk!

Buat warga Jakarta yang sudah kangen bersepeda sekaligus berwisata ke pantai, opsi destinasinya yang mudah dicapai via perjalanan darat memang tak banyak. Yang paling mudah diakses dari pusat kota adalah Pantai Ancol. Pilihan lainnya adalah pantai reklamasi di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Kalau kamu sudah mulai bosan bersepeda ke destinasi yang itu-itu saja dan ingin mencari suasana baru, kamu bisa mencoba gowes lebih jauh ke arah utara, tepatnya ke Pantai Tanjung Pasir yang terletak di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Perjalanannya bisa kamu mulai dari Pantai Pasir Putih di kawasan PIK 2 dengan total jarak tempuh sekitar 12 km.

Foto: Instagram @ivan_siaga

Buat yang tak pernah ke Pantai Pasir Putih, kamu bisa mengaksesnya dari arah PIK 1 melalui tiga jembatan yang ada, yakni Jembatan Golf Island, Jembatan Riverwalk Island, dan Jembatan PIK 2. Untuk sementara, kendaraan yang boleh masuk ke pantai tersebut adalah mobil. Jadi, setibanya di sana, kamu bisa memarkirkan mobil, kemudian melanjutkan perjalanan dengan bersepeda ke Pantai Tanjung Pasir.

Jalur menuju pantai ini tak terlalu lebar, namun sudah beraspal. Kamu akan melewati kawasan perkampungan maupun ratusan tambak. Sesekali tampak pula warga setempat yang menjajakan hasil dari budidaya tambak, seperti udang dan ikan bandeng. Kalau tertarik, kamu bisa berhenti sebentar untuk membelinya.

Foto: Instagram @adoelsohib

Di tengah perjalanan, kamu juga bisa mampir ke hutan bakau di Desa Muara, Kecamatan Teluknaga. Selain melihat keindahan berbagai macam tanaman bakau yang ada di sana, kawasan ini juga menawarkan perahu untuk menyusuri perairan sekitarnya. Berjalan sedikit lebih jauh, kamu pun akan menjumpai Pantai Muara Kecil yang berpasir hitam.

Sepuas menjelajah hutan bakau, lanjutkan gowes sejauh 6 km menuju Pantai Tanjung Pasir. Pemandangannya masih didominasi perkampungan warga dan hamparan tambak, selain jalanannya masih gersang dan bisa sangat panas di siang hari karena sedikitnya pepohonan.

Foto: Dok. Google Maps/Teras Masjid Bike Community

Karena itu, pastikan mengenakan pakaian tertutup yang nyaman dan bisa menyerap keringat, serta kacamata hitam. Jangan lupa oleskan pula losion tabir surya maupun losion antinyamuk bila perlu.

Setibanya di Pantai Tanjung Pasir, kamu akan menjumpai hamparan pasir putih dengan barisan pulau eksotis di seberangnya. Biasanya, pengunjung yang datang kemari tak hanya bersantai menikmati keindahan pantainya, namun juga menyeberang ke pulau-pulau di sekitar pantai. Tak sedikit pula yang menjajal keseruan bermain sejumlah wahana air, termasuk banana boat.

Foto: Dok. Google Maps/Jose Hamra

Pantai ini juga dilengkapi beberapa rumah makan yang menjual aneka hidangan laut, seperti ikan bakar. Kamu bisa beristirahat di sini sembari mengisi perut dan menyaksikan pemandangan pantai yang terutama indah menjelang senja, sebelum bersepeda kembali ke Pantai Pasir Putih.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here