Mengintip Keindahan Bawah Laut Pulau Lihaga

Foto: Instagram @joeadimara_

Ketenaran Taman Nasional Bunaken memang sudah mendunia, sehingga kunjungan ke Sulawesi Utara tak lengkap tanpa menikmati keindahan taman laut pertama di Indonesia tersebut. Namun, kawasan tersebut memiliki banyak destinasi bahari lainnya dengan keindahan laut yang tak kalah menakjubkan.

Salah satunya yang dapat kamu sambangi adalah Pulau Lihaga. Meski mungil, pulau yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara ini menawarkan pesona alam yang begitu indah.

Foto: Instagram @lihagabeachclub

Dihiasi deretan pepohonan hijau nan rindang, Pulau Lihaga dikepung oleh hamparan pasir putih maupun perairan yang bergradasi dari hijau ke biru tua. Panorama ini terutama cantik di hari yang cerah, dengan latar langit kebiruan dan awan putih. Bila membawa kamera drone, kamu juga bisa memotretnya dari ketinggian untuk melihat bentuk pulau yang menyerupai ikan.

Karena tak berpenghuni, suasananya begitu tenang dan bak pulau privat. Hal ini terutama bisa dirasakan ketika hanya segelintir orang yang datang untuk menjelajahi keindahannya. Kamu bisa bebas berjalan kaki atau berkano mengelilingi pulau tersebut, berpiknik di bawah rindangnya pohon, atau bahkan bermain air di pantai.

Foto: Instagram @aandermawannn

Ombaknya pun relatif tenang, sehingga snorkeling menjadi aktivitas yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Pulau Lihaga. Airnya yang jernih membuat pehobi snorkeling bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan leluasa.

Akses

Jarak tempuh yang tak begitu jauh dari pusat kota Manado dapat menjadi alasan selanjutnya untuk mengunjungi Pulau Lihaga. Kamu dapat menempuh perjalanan darat sekitar 1,5 jam menuju Dermaga Serei di Likupang.

Foto: Instagram @nandaevalia

Setelah itu, kamu bisa menyeberang ke Pulau Lihaga dengan naik kapal nelayan selama sekitar setengah jam. Biaya sewa kapalnya bervariasi, berkisar Rp800 ribu hingga Rp1 juta dengan kapasitas tak lebih dari 20 orang.

Untuk menghemat bujet, kamu bisa patungan dengan wisatawan lainnya untuk biaya sewa kapal, atau pergi bersama rombongan. Opsi lainnya, kamu bisa memanfaatkan jasa tur yang biasanya sudah termasuk transportasi dari Manado.

Foto: Instagram @gerieandrew

Selain melakukan perjalanan sehari, kamu bisa sekalian menginap di Pulau Lihaga. Saat ini sudah tersedia akomodasi berupa glamping milik Lihaga Beach Club. Biayanya mulai Rp850 ribu, tergantung fasilitas yang disertakan. Di sini pula tersedia tempat nongkrong yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar bersantai ataupun bersantap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here