Siasat Hong Kong Cegah Covid-19 Agar Wisatawan Merasa Aman

Baru-baru ini, Badan Pariwisata Hong Kong (HKTB) dan Badan Jaminan Kualitas Hong Kong (HKQAA) telah meluncurkan program sertifikasi kebersihan baru untuk hotel, restoran, dan atraksi wisata lainnya di Hong Kong. Tujuan program ini adalah untuk memberikan standardisasi kebersihan bagi pelaku bisnis pariwisata sebagai upaya pencegahan Covid-19 di masa pandemi.

Dengan diluncurkannya program ini, wisatawan tak hanya mendapatkan informasi tentang protokol Covid-19 apa saja yang dijalankan, namun juga agar dirinya merasa aman saat berwisata di Hong Kong.

“Kami ingin mempromosikan serangkaian protokol kebersihan terbaru untuk pencegahan penularan Covid-19 di seluruh sektor pariwisata, selain mengakui upaya mereka dalam memerangi pandemi melalui verifikasi dari pihak ketiga yang profesional. Dengan cara ini, kami dapat memulihkan kepercayaan publik terhadap perjalanan wisata domestik,” kata Ir C. S. Ho, Chairman HKQAA.

Pelaku bisnis yang ingin berpartisipasi dalam program ini diwajibkan untuk menerapkan serangkaian protokol kebersihan yang telah ditentukan. Kemudian, setelah lulus penilaian, bisnis yang mereka miliki akan dapat menampilkan logo yang menunjukkan kalau mereka telah mendapatkan sertifikasi kebersihan yang baru.

Dengan demikian, wisatawan dapat dengan mudah mengidentifikasi bisnis tersebut karena adanya sertifikat ini, selain meyakinkan mereka kalau tempat wisata yang mereka kunjungi telah menerapkan serangkaian tindakan pencegahan Covid-19. HKQAA juga akan melakukan inspeksi secara acak untuk memastikan bisnis tersebut tetap menjalani protokol di kemudian hari.

Lebih dari 1.800 bisnis di Hong Kong, termasuk Hong Kong Disneyland, telah mengungkapkan ketertarikan mereka untuk mendaftarkan diri dalam program ini.

Hong Kong Disneyland sebelumnya telah dibuka kembali akhir bulan lalu setelah lonjakan kedua kasus virus corona di Hong Kong menyebabkan taman hiburan tersebut ditutup pada Juli. Para tamu diminta untuk membuat reservasi terlebih dahulu, menandatangani pernyataan kesehatan, dan mematuhi aturan jarak sosial yang baru ketika mengunjungi theme park tersebut.

Tercatat hingga hari ini ada total 5.183 kasus positif Covid-19 di Hong Kong, dengan total kematian 105 dan total sembuh 4.919.

Hong Kong bukan satu-satunya destinasi wisata yang menerapkan program sertifikasi. April lalu, Singapura meluncurkan program serupa untuk menentukan hotel dan tempat wisata mana saja yang memenuhi standar kebersihan baru.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here