Rute Perjalanan Darat Terbaik di Selandia Baru

Awal tahun merupakan momen yang tepat untuk merencanakan liburan karena masih ada banyak waktu untuk mencari transportasi dan akomodasi sesuai anggaran. Lagipula, membuat rencana perjalanan juga membuat Anda menjalani hari-hari berikutnya dengan lebih bersemangat karena memiliki hal yang dinantikan, seperti mengunjungi berbagai tempat yang seru.

Sebagai inspirasi, Selandia Baru menawarkan keramahan penduduk lokal dengan beragam pengalaman unik yang mudah dijangkau. Anda bisa mencelupkan jari-jari kaki di perairan yang sangat jernih, memperkaya pengetahuan dengan budaya baru, menjumpai penguin langka, hingga menginjakkan kaki di atas gunung berapi aktif.

Melakukan perjalanan darat di Selandia Baru bisa menjadi pilihan yang terbaik bila ingin lebih fleksibel dalam memutuskan kapan, di mana, dan bagaimana cara menikmati liburan Anda. Selain itu, berkendara dengan dikelilingi pemandangan alam yang indah akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tourism New Zealand merekomendasikan dua rute untuk pengalaman perjalanan darat terbaik, yakni sebagai berikut.

Pulau Selatan

Berkendara sejauh 890 kilometer untuk menjelajahi Dunedin yang bersejarah, menelusuri hamparan pasir putih di sepanjang pantai-pantai Catlins yang sepi, melihat satwa liar setempat, dan menikmati fjord yang indah di Milford Sound.

Rekomendasi perjalanan:

Hari 1: Menjelajahi Christchurch
Mulai perjalanan di Pulau Selatan dengan mengunjungi Christchurch yang kini telah berkembang menjadi kota kontemporer dan kreatif. Budaya kafe di Christchurch sangat populer, di mana Anda dapat mencoba kopi khas Selandia Baru, flat white – yang secara tradisional merupakan minuman bertekstur dengan sedikit susu. Jangan lupa untuk menyusuri Avon River untuk pengalaman berperahu santai dengan pemandangan indah.

Hari 2: Berkendara ke Dunedin
Lanjutkan perjalanan ke Dunedin dan berhenti di Taieri Gorge Railway untuk melihat bangunan berarsitektur gotik dan mempelajari sejarah kawasan ini. Setelah itu, kunjungi Otago Peninsula yang indah untuk menyaksikan penguin bermata kuning yang langka di habitat aslinya.

Hari 3: Menjelajahi hutan belantara di Catlins
Berhenti di Catlins untuk melihat keindahan alam liar yang belum terjamah. Jangan lewatkan air terjun Purakaunui, Tautuku Bay yang terbentang luas, dan mercusuar di atas Nugget Point yang ikonik.

Hari 4: Mengelilingi Fiordland National Park
Fiordland National Park terkenal akan pantainya yang memesona, hutan purba, dan pemandangan gunung yang spektakuler. Bila berjalan lebih jauh ke dalam taman nasional tersebut, pejalan dapat melihat langsung keindahan Milford Sounds yang menjadi tujuan populer bagi para selebriti Indonesia, termasuk pasangan Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata.

Pulau Utara

Pergi berkendara sejauh 314 kilometer melintasi Middle Earth untuk mengunjungi lokasi syuting film “The Lord of the Rings”, mempelajari budaya setempat, mandi di sumber mata air panas alami, dan menjelajahi gunung berapi White Island.

Rekomendasi perjalanan:

Hari 1: Mulai perjalanan dari Auckland
Ada begitu banyak hal yang bisa dilihat di Auckland, sebuah kota besar yang dinamis dengan pemandangan alam yang spektakuler. Anda bisa mencoba bungy jumping dari menara tertinggi di Selandia Baru, Sky Tower, sebelum menuju Waitakere Ranges untuk mengunjungi air terjun tersembunyi atau mengayuh kayak ke Rangitoto Island saat matahari terbenam.

Hari 2: Menjelajahi Hobbiton
Berkendara ke arah selatan hingga tiba di Hobbiton, sebuah perbukitan hijau yang menjadi lokasi syuting The Lord of the Rings. Di sini, pengunjung dapat melihat pemandangan dari gerbang depan Hobbit, menari di bawah party tree, mengelilingi The Shire, serta mencoba berbagai macam camilan di The Green Dragon Inn.

Hari 3: Melebur dengan budaya lokal dan menyatu dengan alam
Perhentian selanjutnya adalah Rotorua yang terkenal dengan kehangatan penduduk lokalnya. Kota ini memiliki berbagai keajaiban geotermal, termasuk sumber air panas alami, semburan geiser, dan kolam lumpur yang menggelegak. Anda juga bisa mempelajari berbagai macam budaya Maori (penduduk asli Selandia Baru) di Rotorua, dari pertukaran salam hongi (ritual saling menempelkan dahi dan hidung) hingga mencoba santapan hangi (makanan khas Maori). Jangan lewatkan mencoba aktivitas-aktivitas pemicu adrenalin, mulai dari arung jeram hingga ziplining. Bila masih memiliki cukup tenaga, cobalah berkendara selama setengah jam menuju selatan untuk berendam dan bersantai di Kerosene Creek.

Hari 4: Berdiri di atas gunung berapi aktif
Lanjutkan perjalanan menuju timur ke kota pesisir Whakatane, di mana Anda dapat berlayar atau terbang ke White Island – satu-satunya gunung berapi aktif di Selandia Baru. Nama Maori untuk gunung tersebut adalah Te Puia o Whakaari yang berarti “gunung berapi dramatis”. Bila memandang ke bawah dari dinding kawah, Anda bisa menyaksikan gunung tersebut mengeluarkan gemuruh dan desis dari ventilasi uap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here