Melatih Kekuatan Fisik dan Kesehatan Mental dengan Pilates

0
4304

Olahraga tidak hanya terbatas pada lari, bersepeda, berenang, ataupun senam aerobik saja. Walaupun di masa pandemi seperti sekarang ini, ternyata masih banyak pilihan olahraga yang menenangkan dan menyenangkan, salah satunya adalah pilates.

Pilates adalah olahraga yang dapat melatih kekuatan fisik dan kesehatan mental. Serupa dengan yoga, pilates berfokus pada keseimbangan, penguatan postur tubuh, fleksibilitas, pemusatan konsentrasi dan pikiran, serta pengaturan pernapasan.

Salah satu rekomendasi studio pilates yang sudah beroperasi kembali saat ini di Jakarta adalah KX Pilates Crumble Crew yang berlokasi di Jalan Tulodong Bawah No. 1A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Oleh KX Pilates, pilates dikombinasikan dengan penggunaan alat yang memiliki manfaat besar bagi tubuh dalam jangka panjang.

Foto: Instagram @kxpilates.indonesia

KX Pilates memiliki empat kategori kelas, yaitu kelas pemula, kelas menengah, intermediate, dan kelas khusus. Kelas pemula ditujukan bagi yang baru saja mengenal pilates. Kelas menengah adalah kelas lanjutan dari kelas pemula yang sudah memerlukan pengalaman dan tingkat kebugaran tubuh yang wajar.

Selanjutnya adalah kelas intermediate yang juga merupakan kelas lanjutan dari kelas menengah. Bentuk latihan gerakannya lebih kompleks, dan benar-benar ditujukan kepada peserta yang sangat berpengalaman. Kelas yang terakhir adalah kelas khusus. Kelas ini menyediakan pelatihan khusus mulai dari pra/pasca melahirkan bagi peserta, hingga pelatihan khusus lainnya.

Kelas pilates tersedia mulai pukul 06:00 hingga 20:00 setiap harinya. Peserta wajib datang minimal sebelum kelas dimulai. Bila datang terlambat sampai 15 menit, peserta tidak diperkenankan untuk mengikuti kelas. Peserta juga dianjurkan untuk mengenakan pakaian fitness, celana legging, atau celana pendek yang nyaman dan dapat menyerap keringat.

Foto: Instagram @kxpilates.indonesia

Saat ini, KX Pilates sudah beroperasi dengan menerapkan regulasi baru sesuai dengan peraturan pencegahan Covid-19. Demi mematuhi imbauan untuk tetap menjaga jarak, KX Pilates hanya membuka kelas dengan jumlah peserta maksimal delapan orang saja.

Selain itu, pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker, serta peningkatan prosedur pembersihan untuk peralatan juga dilakukan. Peserta yang ingin mengikuti kelas diwajibkan untuk membawa peralatan pribadi masing-masing, seperti handuk dan botol minum.

Bila tertarik mencoba kelas pilates di tempat ini, kamu akan dikenakan biaya Rp350.000 per sekali datang. Tarifnya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga pasaran kelas pilates yang berkisar di atas Rp500.000. KX Pilates juga menyediakan harga paket bulanan hingga tahunan yang bisa kamu lihat infonya di www.kxpilates.id atau @kxpilates.indonesia.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here