Mengintip Pesona Alam Bukit Cendono, Destinasi Pendakian Terbaru di Mojokerto

Foto: Instagram @maasdeenn

Mojokerto tak hanya dikenal dengan sejarah dan budayanya yang kaya, tetapi juga dengan keindahan alamnya yang memikat. Salah satu destinasi terbarunya yang menjadi incaran para petualang adalah Bukit Cendono. Destinasi pendakian ini sempurna bagi siapa saja yang ingin menjelajahi keindahan alam sambil menghirup udara segar.

Akses dan Daya Tarik

Lokasi Bukit Cendono ada di Desa Kemiri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, dan termasuk dalam kawasan pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo. Kalau dari pusat kota Malang atau Surabaya, kamu dapat mengakses base camp-nya dengan berkendara sekitar dua jam.

Foto: Instagram @maasdeenn

Meski terbilang destinasi pendakian baru, yakni baru dibuka untuk umum pada Juli 2023 lalu, Bukit Cendono telah menarik para pencinta alam maupun pendaki dari berbagai penjuru. Pasalnya, pemandangan yang ditawarkan sepanjang perjalanan sungguh memukau.

Tak hanya itu, Bukit Cendono menawarkan jalur pendakian yang seru dan menantang, namun terbilang singkat. Estimasi waktu tempuh ke puncak sekitar 2-3 jam. Hal ini membuat Bukit Cendono cocok untuk pendakian tektok di akhir pekan.

Foto: Instagram @maasdeenn

Menuju Puncak

Walau namanya bukit, jangan meremehkan treknya karena serasa mendaki gunung. Belum lagi jalanan akan becek dan banyak genangan air sehabis hujan. Meski demikian, jalurnya tertata apik, selain pemandangan yang tersaji membuat semangat terpacu untuk terus melangkahkan kaki.

Dari base camp Cendono, rutenya akan melintasi Pos I Kali Pikatan, Pos II Mudhal, Pos III Kolometo, Camp Bukit Cendono, sebelum sampai Puncak Cendono atau Puncak Puthuk Kencur. Sepanjang perjalanan, para pendaki akan disuguhi oleh pemandangan alam yang memukau, mulai dari ladang sayuran yang hijau hingga sungai yang mengalir jernih.

Foto: Instagram @ainijklmnurstuvwxyulia

Medannya sendiri akan terus menanjak, namun semakin sulit saat menuju puncak. Namun, semua itu serasa terbayar lunas sesampainya di puncak dan disuguhkan hamparan bukit maupun Gunung Anjasmoro yang megah.

Pemandangan matahari terbit di sini menjadi daya tarik utama bagi para pendaki yang ingin menyaksikan momen yang magis di Bukit Cendono. Tak heran bila kemudian banyak yang bermalam di camping ground, sebelum mendaki ke puncak keesokan paginya untuk mengejar sunrise.

Foto: Instagram @dewi_zunisa

Tertarik mendaki Bukit Cendono? Tiket masuknya terjangkau, yakni Rp11 ribu per orang. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi, namun belum termasuk parkir kendaraan, yakni Rp5 ribu untuk motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here