Belum Bisa Bepergian Jauh? Traveling Dalam Kota Juga Punya Banyak Manfaat!

0
2041

Bagi para pejalan, menjelajahi tempat-tempat baru dapat membawa kebahagiaan tersendiri. Ada rasa puas ketika berhasil menjejakkan kaki di destinasi berpemandangan unik, atau ketika menjajal petualangan seru yang ditawarkannya. 

Namun dengan kondisi saat ini, ketika banyak negara tengah menerapkan pembatasan perjalanan internasional, tidak banyak pilihan wisata yang bisa dilakukan. Orang-orang masih bisa memanfaatkan wisata virtual ke berbagai destinasi terkenal di seluruh dunia, namun penting juga untuk melakukan perjalanan secara langsung meski hanya di dalam kota. 

Penelitian yang dipublikasikan oleh Nature Neuroscience (2020) menunjukkan bahwa mencoba berbagai hal baru setiap harinya dapat membawa dampak emosional positif. Meski hanya menjelajahi perumahan sendiri, orang-orang dapat merasakan kebahagiaan yang sama, bahkan lebih, dari melancong ke tempat yang jauh. 

Temuan ini didapatkan dari hasil penelitian terhadap 122 orang di New York dan Miami selama tiga hingga empat bulan. Tim peneliti menganalisis pergerakan para subjek penelitian dengan menggunakan pelacak GPS. Tim ini lalu mengecek dan mencatat suasana hati subjek penelitian dengan saling mengirim pesan setiap harinya.

Hasilnya secara jelas menunjukkan adanya hubungan antara mencoba pengalaman baru dengan kebahagiaan yang dirasakan. Orang-orang yang senantiasa menjelajahi tempat-tempat baru cenderung merasa lebih bahagia. Bahkan sekadar jalan-jalan ke taman atau berkunjung ke kafe terdekat untuk menikmati secangkir kopi dapat membawa dampak positif yang besar.

Bagi sebagian orang, jalan-jalan di dalam kota mungkin kurang menarik bila dibandingkan dengan berwisata ke tempat-tempat eksotis di luar negeri. Namun begitu mencobanya, Anda mungkin akan terkejut dengan berbagai atraksi dan pengalaman menarik yang ditawarkan kota tersebut. Menjelajahi tempat di dalam kota yang belum pernah dijelajahi sebelumnya akan menimbulkan kebahagiaan dan motivasi untuk melakukan lebih banyak eksplorasi. Bahkan jika Anda bukan tipe orang yang suka menjelajahi tempat-tempat baru, ini adalah saat yang tepat untuk memulainya dalam skala kecil. 

Anda dapat memulai aktivitas baru ini dengan membuat daftar tempat-tempat menarik di dalam kota untuk dikunjungi. Anda dapat berpura-pura menjadi turis dalam kota Anda sendiri untuk merasakan pengalaman penuhnya. Mulai dari mencari transportasi yang dapat digunakan hingga merencanakan perjalanan seharian penuh, termasuk destinasi wisata dan tempat-tempat istirahat. Jika tidak memiliki banyak waktu luang, jalan-jalan di sekitar perumahan pada pagi hari juga sudah cukup membawa kebahagiaan. 

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here