Inilah Alasan Anda Sebaiknya Tidak Membeli Cokelat di Toko Bebas Bea Bandara

Apa yang Anda lakukan di bandara ketika memiliki jeda dua jam sebelum penerbangan selanjutnya? Biasanya, Kebanyakan pelancong melewatkan jeda penerbangan dengan menjelajahi toko-toko bebas bea untuk membeli suvenir.

Penelitian yang dilakukan oleh platform perbandingan keuangan, Finder.com, menganalisis 18 produk bebas bea di enam kategori, yakni minuman beralkohol, anggur, perawatan kulit, kosmetik, parfum, dan cokelat, untuk melihat produk mana yang harganya paling murah bila membelinya di bandara.

Harga produk diambil dari dua toko bebas bea di Bandara Changi, yaitu DFS dan iShopChangi. Harga itu kemudian dirata-rata dari kedua toko dan kemudian dibandingkan dengan harga eceran rata-rata. Hasilnya adalah sebagai berikut.

Finder.com

Cokelat Lebih Mahal

Menurut penelitian, harga cokelat di toko bebas bea lebih tinggi 25 persen dari harga di toko ritel. Produk cokelat paling mahal dalam penelitian tersebut adalah sekantong Kit Kat mini, yang harganya 9,8 dolar Singapura di toko bebas bea, lebih mahal sekitar 3 dolar Singapura ketimbang toko-toko ritel di kota.

Namun, bila Anda benar-benar ingin membeli cokelat atau membutuhkannya untuk asupan gula selama perjalanan, sebatang Ritter Sport Whole Hazelnut dapat menjadi pilihan, karena perbedaan harganya hanya 0,02 dolar Singapura. Menurut penelitan, cokelat tersebut dijual dengan harga 3,78 dolar Singapura di toko-toko ritel dan 3,80 dolar Singapura di toko bebas bea.

Hasil penelitian ini mungkin bagai mimpi buruk bagi pecinta cokelat. Namun, penyuka minuman beralkohol dapat bergembira. Pasalnya, produk tersebut harganya paling murah bila membelinya di toko bebas bea, yakni lebih hemat sekitar 55 persen dari pembelian di toko ritel. Sebagai contoh, sebotol Bacardi harganya 23 dolar Singapura di toko bebas bea dan hampir tiga kali lipat lebih mahal di toko-toko ritel dengan harga rata-rata 64,50 dolar Singapura.

Produk kedua yang memberikan penghematan paling banyak adalah anggur, dengan harga rata-rata lebih murah 24 persen, diikuti oleh kosmetik (16 persen), perawatan kulit (13 persen), dan terakhir, parfum (10 persen).

Walaupun dari besaran persentase tidak terlihat jauh berbeda, namun Anda bakal lebih hemat bila membeli sebotol parfum Hugo Boss di toko bebas bea seharga 115 dolar Singapura ketimbang di toko ritel sebesar 130 dolar Singapura.

Jadi sebelum membeli barang secara impulsif di toko bebas bea, selalu ingat untuk melakukan pengecekan harga kembali sebelum membayar. Di sisi lain, setidaknya sekarang Anda tahu bahwa beberapa produk harganya lebih murah bila membelinya di toko bebas bea!

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here