Hong Kong Disneyland dan Ocean Park Buka Kembali Setelah Tutup 4 Bulan

Hong Kong Disneyland mengumumkan akan kembali dibuka pada 18 Juni, setelah empat bulan menghentikan kegiatan operasional. Sebagai salah satu kompleks taman rekreasi Disney terkecil, Hong Kong Disneyland terpaksa tutup sementara sejak 26 Januari, ketika krisis Covid-19 melanda Hong Kong. Walau tutup sementara, beberapa hotel dan restoran yang berada di kompleks taman rekreasi masih melayani para tamu.

Seperti destinasi lain yang kembali dibuka di era normal baru, Hong Kong Disneyland juga mengeluarkan prosedur keselamatan yang wajib dipatuhi para tamu. Pihak taman rekreasi mengimbau pengunjung untuk melakukan reservasi secara daring, maksimal tujuh hari sebelum kedatangan untuk mengontrol kerumunan dan wajib menyertakan surat keterangan sehat sebagai bagian dari proses reservasi. Bagi anggota Magic Access pemegang tiket tahunan, akan mendapatkan prioritas pemesanan.

Tiap pengunjung wajib mengenakan masker dan akan diperiksa suhu tubuhnya di pintu masuk. Seluruh area taman rekreasi secara reguler akan dibersihkan dengan disinfektan dan pihak pengelola sudah menyediakan pembersih tangan bagi pengunjung yang tersebar di titik-titik penting.

Seminggu lebih awal, Ocean Park sudah terlebih dulu dibuka bagi publik sejak 13 Juni, setelah bulan lalu mendapat suntikan dana senilai 5,4 miliar dolar Hong Kong agar tetap beroperasi selama setahun penuh. Ocean Park yang sudah berdiri sejak 1977 akan menurunkan biaya masuk sebesar 30 persen bagi pengunjung dewasa menjadi 350 dolar Hong Kong, serta menawarkan tiket masuk gratis bagi pengunjung anak berusia 11 tahun dan tamu berusia 65 tahun atau lebih. Pemotongan biaya masuk yang berlaku hingga akhir Juli ini akan dikembalikan dalam bentuk voucer tunai untuk pembelian makanan dan suvenir.

Pembukaan kembali Ocean Park mendapat sambutan baik dari pengunjung, tampak dari panjangnya antrean di pintu masuk. Mereka yang datang terlihat tak sabar untuk menikmati atraksi seru di Ocean Park, yang terpaksa menghentikan operasionalnya selama empat bulan terakhir. Sebelum memasuki area taman hiburan, pengunjung akan melalui prosedur pengecekan suhu tubuh dan wajib mengenakan masker.

Saat ini Hong Kong sedang memasuki masa pelonggaran kegiatan, di mana sektor pariwisata masih dibatasi dalam taraf tertentu untuk memastikan kesehatan warga. Pertemuan publik yang melibatkan lebih dari delapan orang masih dilarang hingga 18 Juni. Walau begitu, sebagian besar pusat perbelanjaan dan tempat makan sudah dibuka untuk publik dengan melakukan pembatasan kapasitas, jarak sosial, dan prosedur kesehatan sesuai aturan badan otoritas kesehatan setempat.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here