Restoran di Amsterdam Terapkan Social Distancing dengan Bangun Rumah Kaca Mini

0
1340

Beberapa negara di Eropa mulai melonggarkan aturan lockdown-nya, mulai dari Italia, Prancis, Inggris, hingga Spanyol. Berbagai usaha juga sudah boleh kembali dibuka, tapi dengan tetap mengikuti panduan social distancing.

Pemerintah Belanda memang melarang warganya berkumpul di ruang publik hingga 1 Juni mendatang, namun sebuah restoran di Amsterdam sudah mulai menguji coba konsep baru untuk persiapan pembukaan kembali.

Serres Séparées, yang dalam bahasa Prancis berarti “rumah kaca terpisah”, adalah sebuah proyek dari restoran bernama Mediamatic ETEN, yang menggunakan rumah-rumah kaca kecil untuk memisahkan satu tamu dengan yang lain.

Satu rumah kaca dilengkapi dengan sebuah meja bertaplak putih dan beberapa buah kursi. Rumah kaca yang sama hanya boleh diisi oleh orang-orang yang memang sudah tinggal bersama. Selain memberikan perlindungan, rumah-rumah kaca ini juga menyuguhkan pemandangan kanal khas Amsterdam yang menakjubkan. Ditambah dengan cahaya lilin, lampu-lampu gantung, dan makanan lezat, para tamu dapat merasakan makan malam romantis yang menyenangkan.

Saat ini, Serres Séparées masih melalukukan uji coba operasi yang dibantu oleh keluarga dan teman dari para staf. Nantinya, penyajian makanan akan dilakukan dengan papan kayu panjang dari luar rumah kaca untuk meminimalisir kontak. Para staf juga akan mengenakan alat pelindung seperti penutup wajah (face shield) dan sarung tangan ketika melayani para tamu.

Selain memikirkan pengalaman makan para tamu, Serres Séparées juga tengah menyempurnakan proses pembersihan tiap-tiap rumah kaca setelah digunakan. Proses ini sama pentingnya dengan pelayanan saat makan untuk memastikan para tamu merasa nyaman dan aman.

Nantinya selama beroperasi, Serres Séparées akan menawarkan dua slot waktu makan setiap harinya, yakni mulai pukul 18:00 hingga 20:30 dan pukul 20:30 hingga 23:00. Paket makan malam di rumah kaca dijual dengan harga 100 euro atau sekitar Rp1.600.000 untuk dua orang. Penambahan satu orang dikenakan biaya tambahan sebesar 40 euro atau Rp640.000. Jika ingin menikmati pengalaman makan malam ini sendiri, tamu juga akan diberi diskon sebesar 40 euro. Paket yang ditawarkan Serres Séparées mencakup four-course meal dengan makanan plant-based.

Saat ini, Mediamatic ETEN masih menunggu keputusan pemerintah setempat dan juga izin warga lokal untuk membuka restoran rumah kacanya. Meski belum jelas, semua slot yang dibuka oleh Mediamatic ETEN sudah terisi penuh hingga akhir Juni. Jika pada akhirnya pembukaan Serres Séparées harus dibatalkan, Mediamatic ETEN akan melakukan pengembalian dana bagi semua calon tamu.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here