Glamping di Taman Wisata Alam Posong, Cocok untuk Penyuka Sunrise!

Foto: Instagram @monyetkecil99

Terletak di kaki Gunung Sindoro, tepatnya di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Taman Wisata Alam Posong merupakan salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl, destinasi ini menyuguhkan panorama alam yang memukau dengan latar tujuh gunung sekaligus, termasuk Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan Lawu.

Posisinya yang strategis membuat Taman Wisata Alam Posong menjadi tempat ideal untuk menyaksikan sunrise yang menakjubkan. Matahari terbit di antara Gunung Sindoro dan Sumbing menciptakan pemandangan memukau, sementara lautan awan di sekitarnya membuat panorama makin eksotis.

Foto: Dok. Google Maps/Widiasmara A

Keindahan golden sunrise ini hanya bisa dinikmati saat cuaca cerah. Bila bepergian di musim hujan, biasanya kabut akan lebih sering terlihat. Namun, tak perlu khawatir karena pemandangannya tak kalah menawan. Kamu bisa melihat kabut tebal yang menyelimuti kawasan lembah Gunung Sindoro-Sumbing.

Sensasi Glamping

Tak hanya menyuguhkan keindahan alam, suasana sejuk dengan suhu udara yang berkisar 10 sampai 19 derajat Celsius menambah daya tarik kawasan ini. Karena itu, mereka yang ingin melarikan diri sejenak dari hawa terik dapat sekaligus menikmati staycation di sini.

Foto: Dok. Google Maps/Efilda Silfiyana

Tanpa perlu mengorbankan kenyamanan, pengunjung dapat menikmati paket glamping yang tersedia di Taman Wisata Alam Posong. Ada dua pilihan, yakni yang berkapasitas 6 orang maupun 8 orang. Harganya mulai Rp1,3 juta per malam, sudah termasuk sarapan dan snack.

Glamping di Taman Wisata Alam Posong dapat menjadi ide liburan sempurna, terutama bagi yang ingin menyaksikan sunrise, namun tak sanggup bila harus berangkat pagi-pagi sekali ke lokasi. Atraksi golden sunrise biasanya dimulai pukul 05:30 dan wisatawan diharapkan sudah masuk ke area wisata mulai pukul 04:30.

Foto: Instagram @septiatt

Pasalnya, perjalanan sekitar 3 km sebelum puncak akan melalui medan yang cukup terjal dan tak bisa terburu-buru. Selain berupa jalan berbatu, jalurnya pun sempit dan hanya muat satu mobil, sehingga harus bergantian bila ada kendaraan yang berpapasan.

Belum lagi setibanya harus mencari spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Dengan staycation di sini, kamu dapat dengan mudah mengakses spot-spot terbaik untuk menyaksikan golden sunrise tanpa harus terburu-buru.

Foto: Instagram @dhaturembulan

Selain itu, keindahan alam Taman Wisata Alam Posong tidak hanya terbatas pada golden sunrise. Pemandangan sunset tak kalah cantik dengan warna-warni keemasan yang terlukis di langit, sementara malam hari juga menawarkan keindahan milky way yang menarik untuk diabadikan. Semua pengalaman ini dapat dinikmati tanpa harus meninggalkan kenyamanan glamping.

Tips Glamping di Taman Wisata Alam Posong

  • Bawa jaket dan selimut tambahan karena udaranya dingin.
  • Bila khawatir tak cocok dengan makanan yang disediakan di lokasi, atau takut kelaparan di malam hari ketika warung-warung sudah tutup, bawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Kalau perlu, siapkan sendiri alat masaknya.
  • Pastikan kondisi kendaraan prima, terutama ban dan rem, dan gunakan jenis kendaraan yang kuat di tanjakan, bukan yang ceper seperti sedan.
  • Jika tujuan utamanya menyaksikan golden sunrise, atur waktu kunjungan dengan baik. Tanyakan juga ke pihak pengelola untuk mengetahui waktu terbaiknya.
  • Reservasi paling lambat H-3 via WhatsApp 089527148297. Check-in mulai pukul 15:00 dan check-out maksimal pukul 12:00.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here