Yuk #DiRumahAja! Refund Tiket Kereta Bisa Lewat Aplikasi

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi I Jakarta telah membatalkan sejumlah jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk menekan risiko penyebaran virus corona. Calon penumpang memiliki opsi untuk mengalihkan jadwal perjalanan atau meminta pengembalian dana tiket (refund). Bila memilih opsi refund, penumpang berhak mendapatkan pengembalian uang sebesar 100 persen. Sebelumnya, proses refund ini hanya dapat dilakukan di loket stasiun tertentu. Namun kini, penumpang juga bisa mengajukan refund lewat aplikasi KAI Access.

Untuk mendapatkan pengembalian dana, calon penumpang hanya perlu menyiapkan nomor identitas yang sesuai dengan yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access. Refund melalui aplikasi ini juga bisa dilakukan untuk tiket-tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking. Jadi, pembelian tiket yang dilakukan di luar aplikasi, misalnya langsung di stasiun atau channel penjualan tiket lainnya, juga bisa diajukan pengembalian dananya melalui KAI Access.

Bagi calon penumpang yang sudah memiliki aplikasi KAI Access, disarankan untuk meng-update aplikasi menjadi versi terbaru. Update aplikasi penting dilakukan supaya sistem sudah mendukung pengembalian 100 persen dari harga tiket. Sementara calon penumpang yang belum memiliki aplikasi, bisa segera mengunduh dan mendaftarkan diri sehingga proses pengembalian dana bisa berjalan cepat dan lancar. Saat mendaftar sebagai pengguna baru, pastikan untuk menggunakan nomor identitas yang sama dengan yang ada pada tiket.

Jika harus melakukan pembatalan di loket langsung, berikut adalah daftar stasiun yang melayani pembatalan dan pengembalian dana untuk tiket kereta jarak jauh.

  1. Stasiun Gambir (pukul 07:00-22:00)
  2. Stasiun Pasar Senen (pukul 07:00 -22:00)
  3. Stasiun Jakarta Kota (pukul 07:00-19:00)
  4. Stasiun Bogor (pukul 09:00-16:00v
  5. Stasiun Cikampek (pukul 07:00-22:00)
  6. Stasiun Rangkasbitung (pukul 09:00 – 16:00)
  7. Stasiun Serang (pukul 09:00-19:00)
  8. Stasiun Bekasi (pukul 07:00 – 22:00)

Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen memiliki lima loket yang melayani pembatalan tiket dan pengembalian dana. Sementara stasiun-stasiun lainnya memiliki tiga loket. Penumpang yang berhak mendapatkan pengembalian dana 100 persen adalah mereka yang terkena dampak pembatalan jadwal KA dan yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggal darurat corona, yaitu 23 Maret hingga 29 Mei 2020.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here