8 Tip Bermanfaat dari Pejalan Wanita Solo Berpengalaman

0
868

Selama bertahun-tahun, gagasan akan perjalanan telah berevolusi secara drastis, dari yang tadinya kebutuhan untuk menjajaki suatu tempat baru, hingga menjadi sebuah cara untuk mencari jati diri. Karena itu tak heran bila semakin banyak orang, termasuk para wanita, yang bepergian sendiri untuk mencari pengalaman yang memberdayakan dan tempat yang aman untuk terhubung dengan para pejalan lainnya yang berpikiran serupa.

Agar para pejalan wanita dapat melakukan perjalanan solo tanpa rasa khawatir, berikut beberapa tip berguna dari sejumlah pelancong wanita solo berpengalaman.

1. Riset negara yang ingin Anda kunjungi 

Sebelumnya, kami pernah mengulas tentang tempat-tempat yang aman untuk pelancong solo. Namun, ada juga negara lain, seperti Korea Selatan dan Jepang, yang cocok untuk pelancong tunggal. Lagipula, Anda seharusnya tidak dibatasi harus pergi ke mana, karena toh kalau itu tujuan impian Anda, Anda bisa mewujudkannya, meskipun harus bepergian sendirian.

Tip berguna yang bisa Anda terapkan adalah mencari tahu Kedutaan Besar Republik Indonesia di tempat tujuan. Simpan informasi itu di ponsel untuk memudahkan. Bila menuju negara dengan tingkat pencurian tinggi, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli tas anti-maling.

2. Daftarkan diri ke Kementerian Luar Negeri sebelum perjalanan

Meski kebanyakan warga Indonesia melewatkan langkah ini, melakukan e-registrasi dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia memungkinkan Anda untuk berhubungan dengan keluarga bila sedang dalam kondisi darurat. Caranya cukup mudah, tinggal mendaftarkan perjalanan lewat aplikasi Safe Travel yang tersedia di Google Play Store maupun App Store. Fitur andalannya termasuk pemberian notifikasi berupa imbauan, saran, maupun peringatan terkait negara tempat Anda berada.

3. Cari akomodasi khusus wanita

Meskipun masih bukan hal yang umum, ada beberapa hostel yang melayani perempuan saja. Opsi lain adalah pesan hotel atau Airbnb untuk menginap satu orang. Beberapa negara, seperti Jepang dan Brasil, memiliki gerbong kereta khusus wanita untuk melindungi penumpang perempuan dari pelecehan seksual, sementara Prancis juga memiliki gerbong kereta khusus wanita untuk perjalanan semalam. Meskipun tidak sepenuhnya diluncurkan di seluruh dunia, langkah-langkah yang diambil memang membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pelancong wanita solo.

4. Kemas barang bawaan secara cerdas

Kemas barang yang benar-benar Anda butuhkan. Banyak produk rias dan perawatan kulit yang tersedia dalam kemasan ramah perjalanan, sehingga Anda tak perlu membawanya dalam ukuran besar. Rencanakan juga pakaian yang akan digunakan selama perjalanan, mulai dari pagi hingga malam, dan untuk kegiatan luar ruang maupun pesta dalam ruang.

Bila tinggal di hostel, kemas pakaian dalam satu set dan simpan setiap setnya dalam tas ziplock. Akan jauh lebih mudah bila tinggal mengambil satu tas ziplock tersebut dan membawanya ke kamar mandi ketimbang mengobrak-abrik seluruh isi koper yang dapat menarik perhatian teman sekamar. Tas ziplock ini terutama berguna bila Anda membawa tas yang tak tahan air.

5. Tolak makanan dan minuman dari orang asing 

Bila sedang makan di restoran atau bar, dan makanan tersebut disajikan langsung kepada Anda, maka hal tersebut tak menjadi masalah. Namun jangan meninggalkan makanan dan minuman tersebut tanpa pengawasan karena Anda tak akan pernah tahu apa yang bakal mereka tambahkan ke dalamnya. Anda juga sebaiknya menolak makanan atau minuman yang ditawarkan orang asing.

6. Ketahui detail asuransi perjalanan yang dibeli 

Ada jutaan opsi asuransi yang tersedia saat ini, jadi bagaimana cara memutuskan mana yang terbaik untuk Anda? Opsi termurah tidak selalu yang terbaik, dan biasanya pilihan asuransi tergantung pada cakupan apa saja yang dibutuhkan. Sebagai contoh, para pelancong dengan kondisi medis harus memastikan asuransi perjalanan dan kesehatan mereka mencakup hal tersebut. Cakupan umum lainnya juga termasuk penundaan penerbangan, kehilangan bagasi, dan lainnya, jadi pastikan Anda tahu manfaat asuransi perjalanan Anda.

7. Cek kamera tersembunyi di akomodasi Anda

Status bintang lima tak menjamin suatu hotel bebas dari kamera-kamera ilegal karena kamera tersembunyi yang ditemukan tahun lalu di Korea Selatan dipasang di hotel-hotel terkenal. Kebanyakan kamera juga diletakkan di tempat yang sulit terdeteksi, sehingga staf hotel pun membutuhkan waktu yang lama untuk mencarinya. Karena itu, simak beberapa cara berikut untuk mengungkap kamera tersembunyi ini di sini.

8. Berteman dengan warga lokal

Bepergian sendirian tidak berarti Anda harus benar-benar sendirian. Sebagian besar kesenangan terletak pada perjumpaan dengan penduduk setempat atau sesama pelancong dan berteman dengan mereka. Penduduk setempat dapat menawarkan informasi yang andal dan akurat tentang keamanan daerah yang ingin Anda kunjungi, dan Anda tidak akan pernah bosan mendengarkan kisah-kisah autentik dan menarik tentang tempat tujuan.

Tetapi pastikan untuk tidak pernah mengungkapkan alamat akomodasi kepada orang yang Anda temui, kecuali mereka tinggal di tempat yang sama. Anda juga sebaiknya tidak memberikan rencana perjalanan kepada siapa pun karena hal itu membuat keberadaan Anda diketahui dan rentan terhadap bahaya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here