Cara Mengecek Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel

0
388

Awal tahun ini, sekitar 1.600 orang telah direkam secara diam-diam di kamar hotel tempat mereka menginap di Korea Selatan. Tak hanya itu, aktivitas tamu hotel yang seharusnya privat itu kemudian disiarkan langsung secara daring dan ditonton pelanggan yang membayar secara khusus.

Kamera mata-mata yang supermungil ini dipasang di benda-benda yang tidak mencurigakan, seperti stopkontak, pengering rambut, dan kotak televisi. Meski insiden ini sebagian besar ditemukan di Korea Selatan, sebagian pejalan di belahan lain di dunia (seperti Florida dan Toronto) juga menemukan kamera-kamera ilegal yang terpasang di kamar hotel mereka.

Kejadian seperti ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk Anda. Status bintang lima pun tak menjamin suatu hotel bebas dari kamera-kamera ilegal karena kamera tersembunyi yang ditemukan di Korea Selatan dipasang di hotel-hotel terkenal. Namun hasil investigasi dari kepolisian tidak menemukan adanya keterlibatan staf atau manajemen hotel, yang berarti tamu sebelumnyalah yang kemungkinan besar menempatkan kamera tersebut. Apalagi kamera tersebut diletakkan di tempat yang tersembunyi dan sulit terdeteksi, sehingga staf hotel membutuhkan waktu yang lama untuk mencarinya. Karena itu, simak beberapa cara berikut untuk mengungkap kamera tersembunyi ini.

  • Pindai kamar secara perlahan

Pada dasarnya, kamera ilegal ini dipasang untuk merekam aktivitas privat tamunya. Karena itu, perangkat tersebut akan dipasang “secara strategis” dengan posisi menghadap kamar tidur dan kamar mandi. Beberapa objek yang sebaiknya dicek adalah:

– detektor asap
– peralatan filter udara
– buku
– dekorasi dinding
– stop kontak
– steker
– sekrup atau baut
– kotak tisu
– boneka
– bantal sofa
– meja
– rak
– kotak DVD
– lampu lava atau lampu samping tempat tidur
– kotak televisi digital
– pengering rambut maupun tempat untuk meletakkan pengering rambut
– jam alarm atau jam dinding
– pengait pakaian
– pena
– soket USB

Beberapa objek yang dipasangi kamera biasanya memiliki kabel, lampu, atau lensa yang mencurigakan. Bila Anda menemukan stopkontak atau steker yang aneh, segera cabut. Dengarkan saat Anda berjalan melintasi seluruh ruangan. Beberapa kamera memiliki sensor gerak dengan suara dengungan yang hampir tidak terdengar saat beroperasi.

  • Objek atau hiasan yang terletak di bawah pandangan mata

Kamera tersembunyi biasanya ditempatkan di bawah pandangan mata agar tak terlalu mencolok. Ada beberapa kasus di mana kamera mata-mata disamarkan sebagai pengait pakaian yang berada di bawah ketinggian biasanya. Perhatikan pula ornamen atau pot tanaman yang diletakkan di bawah. Bila tampaknya ada lubang atau celah yang terlihat tidak pada tempatnya, sebaiknya langsung dicek.

  • Periksa cermin

Ingatlah untuk mencari kamera tersembunyi pada cermin di kamar tidur maupun kamar mandi. Caranya adalah meletakkan jari pada cermin. Amati celah antara jari dan cermin. Bila ada celah, maka cermin itu asli. Bila jari dan pantulan pada cermin saling menyentuh, kemungkinan besar ada kamera tersembunyi di baliknya.

  • Matikan lampu di kamar 

Anda dapat menggunakan prinsip kerja kamera keamanan dengan penglihatan malam untuk menemukan kamera tersembunyi di kamar Anda. Sebagian besar kamera keamanan tersembunyi memiliki LED merah atau hijau. Dalam kondisi cahaya redup, LED di sekitar lensa akan menyala secara otomatis untuk melengkapi pencahayaan bagi kamera dan menghasilkan gambar yang jelas. Untuk memudahkan pencarian, tutup tirai dan matikan semua lampu di dalam kamar. Anda juga dapat menggunakan senter saat memeriksa kamar. Bila melihat ada cahaya reflektif dari suatu objek, mungkin ada kamera tersembunyi di sana.

  • Alat detektor kamera

Opsi lainnya adalah membeli alat detektor kamera yang tersedia di toko online seperti Shopee, Lazada, atau Tokopedia dengan harga di bawah Rp 200.000. Detektor ini dapat menangkap frekuensi radio (RF) yang biasanya dipancarkan kamera untuk mengalirkan video yang sedang direkam. Namun, detektor ini tidak akan dapat menemukan kamera tersembunyi yang tidak mengalir secara eksternal ke perangkat lain.

Detektor lain dapat mencari cahaya inframerah yang juga biasanya dipancarkan beberapa kamera. Namun, detektor ini mungkin tidak efektif karena kamera tersembunyi yang lebih baru kini tidak lagi menggunakan cahaya inframerah.

  • Yang harus dilakukan bila menemukan kamera tersembunyi

Bila menemukan kamera tersembunyi di dalam kamar, jangan menyentuh atau memindahkan kamera tersebut (polisi membutuhkan sidik jari untuk menemukan pelaku). Letakkan seluruh barang Anda di luar sudut pandang kamera. Ambil foto untuk bukti. Kemudian bila tinggal di hotel, segera beri tahu manajemen hotel. Anda juga dapat menghubungi polisi setempat untuk menyelidiki situasi yang mudah-mudahan mengarah pada penangkapan pelaku.

Bila tinggal di Airbnb, segera hubungi layanan pelanggan Airbnb dan polisi setempat. Airbnb memiliki peraturan ketat terhadap tuan rumah yang memasang kamera tersembunyi yang tidak diketahui tamu. Kemungkinan besar properti tersebut tak boleh disewakan sementara dan kemudian diselidiki otoritas terkait untuk memastikan keamanan tamu selanjutnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here