5 Alasan Mengikuti Wisata Jalan Kaki Bersama Pemandu

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan perjalanan. Apalagi bila Anda mengunjungi kota-kota padat yang menawarkan berbagai atraksi menarik.

Di tengah riset, Anda pasti menemukan beberapa operator yang menawarkan walking tour yang tersedia di kota tersebut. Bagi pelancong independen, terkadang informasi ini kurang menarik, karena mengikuti tur dianggap membatasi hal yang ingin mereka lihat dan lakukan. Padahal wisata jalan kaki ini juga tetap menarik dilakoni, terutama bagi pelancong yang masih asing dengan destinasi tujuan dan ingin menemukan lebih banyak hal menarik yang ditawarkannya.

Inilah beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan untuk mengikuti tur jalan kaki di destinasi tujuan.

  • Tak perlu khawatir merencanakan destinasi mana yang ingin dikunjungi

Anda memang bisa menggunakan Google Maps untuk merencanakan perjalanan, namun layanan ini hanya menunjukkan akses paling cepat dan nyaman untuk mencapai destinasi tertentu, dan dengan demikian, Anda akan melewati banyak hal menarik di sepanjang perjalanan yang mungkin tidak Anda ketahui keberadaannya.

Dengan mengikuti walking tour, Anda cukup mengikuti pemandu tanpa harus terus-terusan mengecek peta atau GPS untuk melihat apakah arah yang dituju sudah benar. Di akhir tur, Anda juga dapat meminta bantuan pemandu untuk mengakses destinasi selanjutnya yang ingin Anda kunjungi. Mereka bahkan mungkin menawarkan panduan rahasia untuk pergi ke tempat yang Anda inginkan yang tidak tercantum di peta atau buku panduan mana pun!

  • Mengenal lebih dalam suatu tempat

Wisata jalan kaki merupakan cara terbaik untuk melihat kebudayaan dan lanskap sekitar. Karena temponya lambat, eksplorasi dapat dilakukan dengan santai, baik jika ingin berhenti untuk menyapa penduduk setempat, memeriksa detail bangunan, atau sekadar melakukan swafoto. Karena dipandu orang lokal, Anda pun akan diajak melihat berbagai hal yang mungkin tidak tercantum di buku-buku panduan.

  • Mendapatkan informasi langsung dari ahlinya

Dengan mengikuti tur, Anda tak hanya memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang suatu tempat, namun juga memperluas pengetahuan Anda untuk membantu merencanakan perjalanan di hari-hari selanjutnya. Galilah berbagai informasi menarik yang hanya diketahui warga setempat dari pemandu Anda, mulai dari restoran lokal terbaik, tip-tip yang tak akan Anda ketahui jika bukan orang lokal, hingga atraksi menarik yang letaknya jauh dari pusat kota, namun layak dikunjungi untuk perjalanan satu hari (day trip).

  • Bertemu teman baru 

Hal ini terutama berlaku jika Anda seorang pelancong solo. Dengan mengikuti walking tour, Anda dapat bertemu orang-orang yang memiliki minat yang sama dalam hal traveling. Siapa tahu di akhir tur, Anda akan saling bertukar kontak untuk berjumpa lagi di lain hari? Dan tak ada yang tahu bila akhirnya nanti orang tersebut menjadi teman baru Anda. Kalaupun tak sendiri, Anda juga tetap dapat berteman dengan orang-orang yang baru ditemui, selain saling bertukar informasi atau tip penting yang akan berguna di sisa perjalanan Anda.

  • Tarif tur sukarela

Kini semakin banyak operator yang tidak menerapkan tarif tertentu untuk calon peserta yang tertarik mengikuti walking tour. Mereka biasanya mematok sistem pay as you like atau pembayaran secara sukarela. Anda bahkan tidak perlu membayar sepeser pun bila anggaran Anda terbatas atau tidak senang dengan tur tersebut. Namun sebaliknya, bila Anda merasa puas, Anda bisa mengungkapkan rasa terima kasih dengan membayar sesuai kemampuan Anda.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here