Siap-siap! Geopark Run Series 2020 Akan Diadakan di 4 Lokasi

Rangkaian acara Geopark Run Series 2020 akan diadakan di empat lokasi geopark, yaitu Geopark Belitong di Belitung, Geopark Ciletuh di Sukabumi, Geopark Krakatau di Lampung, dan Geopark Minang di Sumatera Barat. Dengan konsep pariwisata olahraga, acara ini bukan sekadar lomba lari biasa, namun juga menawarkan pengalaman wisata yang unik. Sambil melintasi rute yang panjang, peserta lari dapat menikmati panorama alam yang indah, mencicipi kuliner khas daerah, dan bahkan merasakan pengalaman tinggal di rumah-rumah warga.

Selain mempromosikan wisata geopark, acara ini juga diharapkan dapat mendorong perekonomian masyarakat sekitar. Oleh karena itu, staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Reformasi Birokrasi Ari Juliano Gema berharap masyarakat dapat dilibatkan bukan hanya sebagai penonton saja. Dalam rangkaian acara Geopark Run Series 2020 ini, masyarakat dapat menjual berbagai jenis makanan atau oleh-oleh khas daerah dan membuka penginapan di rumah-rumah.

Rangkaian kegiatan Geopark Run Series 2020 akan dimulai dengan penyelenggaraan Belitong Geopark Run pada 18-19 April, kemudian diikuti dengan Ciletuh Geopark Run pada 27-28 Juni 2020. Selanjutnya ada Krakatau Geopark Run pada 29-30 Agustus. Acara ini diadakan bersamaan dengan Festival Krakatau 2020 untuk memaksimalkan jumlah wisatatawan yang datang. Geopark Run Series 2020 ditutup dengan Minang Geopark Run pada 28-29 November.

Geopark Run Series 2020 akan diisi oleh berbagai acara, di antaranya wisata edukasi (field trip), ultra-running 60 kilometer (60K), celebration run 5K, 10K, dan 21K. Ada pula program amal yang diakhiri dengan pesta kesenian dan kuliner khas daerah setempat.

Kegiatan Geopark Run ini sebenarnya merupakan lanjutan dari Geopark Run Minang pada 2018 dan 2019. Menyusul kesuksesan acara ini, beberapa daerah lain yang memiliki potensi alam geopark juga berminat untuk ikut berpartisipasi. Akhirnya, dipilih empat lokasi dengan pemda yang dirasa siap menata kawasan geopark hingga bisa dijadikan rute lari.

Mengejar Pengakuan Dunia

Rangkaian kegiatan Geopark Run Series 2020 juga akan dimanfaatkan untuk mengejar pengakuan dunia lewat UNESCO Global Geopark. Saat ini ada empat geopark yang telah mendapat pengakuan UNESCO Global Geopark, yaitu Gunung Batur di Bali, Pegunungan Sewu di Yogyakarta, Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat NTB, dan Ciletuh-Palabuhan di Sukabumi yang juga masuk dalam lokasi Geopark Run Series 2020.

Bagi Geopark Ciletuh, Krakatau, dan Belitong, terpilihnya daerah ini sebagai tuan rumah penyelenggaraan Geopark Run Series 2020 diharapkan dapat mempermudah usaha mereka dalam mendapatkan pengakuan dari UNESCO Global Geopark. Pengakuan ini penting dalam mempromosikan wisata geopark di Indonesia. Sementara bagi Geopark Ciletuh yang sudah memegang pengakuan UNESCO Global Geopark, acara ini menjadi ajang unjuk diri agar bisa tetap mempertahankan statusnya.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here