Bukan di Cina, Jembatan Kaca di Magelang Ini Juga Tak Kalah Indah

0
808

Ada wahana baru yang menarik untuk dicoba di Taman Wisata Kyai Langgeng, Magelang. Wahana bernama Jurang Koco Gunung Mujil ini berupa jembatan kaca yang dibangun di bibir jurang di atas sungai Progo. Uniknya, lantai kaca yang diinjak bisa menampilkan efek retak diiringi suara yang sesuai. Dengan ketinggian 30 meter di atas sungai, efek ini cukup mengejutkan bagi beberapa orang.

Selain bermain-main dengan efek retakannya yang unik, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah Gunung Sumbing yang muncul di sela-sela awan saat hari cerah. Dari ketinggian ini, pengunjung dapat puas berfoto dengan latar belakang pemandangan alam Kampung Gemulung dan Gunung Sumbing yang indah. Pengunjung dipastikan akan betah berlama-lama menikmati hijaunya pepohonan di tepi sungai yang menjadi pembatas wilayah kabupaten dan kota Magelang.

Bila merasa cukup berani, Anda juga bisa berdiri di tengah-tengah jembatan kaca sambil melihat langsung ke bawah, ke arah aliran Sungai Progo. Sensasi yang ditimbulkan ketika melihat menembus kaca bening itu tidak ada duanya. Anda akan merasa seperti sedang melayang di atas sungai yang mengalir deras.

Instagram @gabrielaliuw

Wahana Jurang Koco Gunung Mujil terinspirasi dari atraksi jembatan kaca di Cina. Dengan efek retakannya, jembatan-jembatan ini sempat viral hingga mendunia. Melihat potensi wisata jembatan kaca ini, pengelola Taman Wisata Kyai Langgeng memutuskan untuk membangun wahana jembatan kaca retak pertama di Indonesia. Kaca yang digunakan untuk pembangungan Jurang Koco Gunung Mujil ini diimpor langsung dari Cina. Bahkan, proses pemasangannya dilakukan langsung oleh teknisi dari Negeri Tirai Bambu itu sendiri.

Untuk masuk ke wahana ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp 20.000. Pengunjung juga diwajibkan untuk mengenakan alas kaki khusus yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Demi kenyamanan dan keselamatan para pengunjung, orang-orang dengan riwayat sakit jantung dan fobia ketinggian juga dilarang masuk ke wahana ini. Wahana Jurang Koco Gunung Mujil dibuka setiap hari pukul 09:00 sampai 16:00.

Menikmati Wahana Lain

Selain Jurang Koco Gunung Mujil, Taman Wisata Kyai Langgeng juga memiliki wahana-wahana lainnya yang dapat dinikmati. Ada wahana audio visual Bioskop 6 Dimensi yang bisa menjadi pilihan menarik bagi yang ingin merasakan petualangan teknologi digital. Ada pula Mobil Keliling dan Kereta Mini yang dapat membawa para pengunjung mengitari area taman. Untuk wahana air, ada Becak Air dan Kereta Air yang dapat dinikmati para pengunjung. Semua fasilitas ini dapat dinikmati secara gratis dengan membeli tiket terusan seharga Rp 24.000 untuk hari Senin hingga Jumat, dan Rp 30.000 untuk hari Sabtu dan Minggu.

Taman Wisata Kyai Langgeng juga memiliki wahana-wahana berbayar, seperti Flying Fox, Dragon Coaster, dan Water Park. Ada juga wahana Top Selfie dengan sepeda layang dan ayunan langit yang memungkinkan pengunjung untuk berfoto di ketinggian. Tiket masuk ke wahana-wahana ini dijual dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang untuk setiap permainan.

Bila ingin wisata sambil belajar, Taman Wisata Kyai Langgeng juga memiliki beberapa wahana edukasi. Salah satunya adalah Wahana Anjungan Dirgantara yang menampilkan pesawat FOKKER F-28. Di sini, pengujung dapat melihat secara langsung ruang kokpit pesawat, kabin penumpang, dan berbagai jenis alat utama pesawat, termasuk black box. Untuk masuk ke area ini, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp 8.000. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai koleksi hewan di Taman Satwa dan melihat-lihat tanaman langka yang tersebar di sekitar taman.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani | Foto: Humas Kota Magelang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here