Musim Dingin di Australia Barat, Kunjungi 5 Destinasi Populer Ini

Beberapa bulan lagi, tepatnya di bulan Juni hingga Agustus, Australia akan menyambut musim dingin. Bagi pelancong, inilah saat terbaik untuk menjelajahi keindahan Australia Barat. Temperaturnya memang akan menurun di wilayah tersebut, namun tak akan membuat badan membeku, selain juga pelancong tak perlu mengenakan jaket tebal. Hawa yang sejuk justru membuat kegiatan di luar ruang menjadi semakin menyenangkan.

Jadi, sudah siap berlibur ke Australia? Coba cek dulu tempat-tempat yang wajib dikunjungi selama liburan musim dingin di Australia Barat!

  1. Perth

Di musim dingin, Anda bisa berjalan-jalan mengelilingi Perth tanpa harus dipusingkan dengan hawa yang panas menyengat. Anda bisa menikmati berbagai aktivitas bertema musim dingin, melihat barang-barang khas musim dingin di pop-up store, atau berseluncur di arena ice skating. Bahkan, beberapa pusat perbelajaan memiliki mesin salju sehingga Anda bisa merasakan sensasi salju turun.

Ketika berada di Perth, jangan lupa untuk mampir ke The Honeycake di Yagan Square. Merupakan destinasi utama yang wajib dikunjungi para pecinta makanan manis, toko kue selalu ramai oleh warga lokal maupun wisatawan mancanegara. The Honeycake menyediakan biskuit rasa madu dengan isian krim karamel lembut dilengkapi dengan taburan kacang walnut gurih dan crumble renyah di atasnya. Mereka juga memiliki menu halal khusus untuk wisatawan muslim.

Bila ingin menjelajah lebih jauh, Anda dapat berkunjung ke Perth Hills yang dapat ditempuh sekitar 45 menit dari pusat kota Perth. Selain menyuguhkan keindahan alam, tempat ini juga menawarkan sejumlah kegiatan, termasuk mengunjungimuseum astronomi dan observatorium, mengendarai sepeda, menuju danau dan air terjunnya yang indah, mengelilingi artisan market untuk mencari oleh-oleh unik, atau bahkan mengikuti salah satu dari banyak acara dan festival menarik. Anda juga bisa menikmati makanan lezat di The Vineyard Kitchen sambil mengagumi keindahan perkebunan anggur Brookside Vineyard.

Tempat lain yang juga wajib dikunjungi ketika berada di Perth Hills adalah Core Cider yang merupakan sebuah perkebunan seluas 40 hektar penghasil minuman cider. Di sini, Anda dapat mengikuti tur keliling kebun sambil turut memetik jeruk dan lemon yang sedang panen di musim dingin. Anda juga bisa berjalan-jalan di Araluen Botanic Park yang menampilkan hamparan bunga kamelia, mawar, tulip, dan lain-lain.

  1. Fremantle

Ingin menyantap hidangan laut segar? Langsung saja datang ke Fremantle! Sebagai kota pelabuhan, tempat ini memang terkenal akan hidangan lautnya. Anda dapat berkunjung ke restoran-restoran terkenal seperti Cicerello’s Fremantle, Kailis Fish Market Cafe, dan Joe’s Fish Shack untuk menikmati tangkapan segar hari itu.

Selain menikmati hidangan laut, Anda juga dapat mengikuti tur untuk mengunjungi butik bir di Fremantle, seperti Little Creatures, The Monk Brewery & Kitchen, atau Sail and Anchor, untuk merasakan bir unik yang hanya diproduksi di berbagai wilayah di Australia Barat dan beberapa pilihan lain asal Australia secara umum. Jangan lupa untuk mengunjungi juga pusat kuliner Fremantle di South Terrace atau yang biasa dikenal oleh warga lokal sebagai Cappuccino Strip. Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai jenis makanan dan bir dari banyak pilihan restoran dan bar.

  1. Rottnest Island

Rottness Island bisa menjadi pilihan tempat liburan bagi yang menginginkan suasana tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kota. Hanya dengan perjalanan menggunakan feri selama 25 menit dari Fremantle atau 50 menit dari Elizabeth Quay, Anda sudah dapat tiba di pulau ini. Di sini, pelancong dapat menikmati pemandangan pantai berpasir putih ditemani suara deburan ombak. Suasana tenang tempat ini makin terasa dengan tidak adanya suara lalu-lalang motor dan mobil pribadi. Satu-satunya kendaraan bermotor di sini adalah Explorer Bus Service yang bisa Anda naiki untuk menjelajahi wilayah Rottnest Island.

Selagi di sini, pastikan mengunjungi Pinky Beach yang terletak dekat dengan Bathurst Lighthouse. Ketika matahari terbit atau terbenam, Anda dapat melihat semburat merah muda menghiasi langit dengan indahnya. Selain itu, Anda juga bisa mengamati anjing laut berbulu asli Rottnest Island dengan mengunjungi Cathedral Rocks Viewing Platform.

  1. Coral Coast

Perjalanan Anda akan terasa kurang lengkap bila tidak berkunjung ke Coral Coast. Tempat ini merupakan area terbuka yang dipenuhi dengan satwa liar dan petualangan seru. Di Coral Coast, Anda dapat berpetualang ke The Pinnacles di Taman Nasional Nambung. Waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan The Pinnacles adalah di malam hari ketika bintang-bintang bertaburan menghiasi langit yang gelap. Dari The Pinnacles, Anda dapat berkendara selama 30 menit untuk mengunjungi Lobster Shack yang menyediakan hidangan Lobster Western Rock terbaik di Australia Barat.

Tempat lain yang tidak kalah menarik di Coral Coast adalah Pink Lake di Hutt Lagoon. Anda dapat menikmati keindahan danau berwarna merah muda ini dari atas helikopter yang mengudara antara pukul 10:00 hingga 14:00 dengan keberangkatan dari Bandara Kalbarri. Ketika berada di area ini, jangan lupa juga untuk mengunjungi destinasi wisata ikonik lainnya, seperti lengkungan batu alami di Nature’s Window dan Kalbarri Skywalk di area Taman Nasional Kalbarri.

  1. South West

South West juga memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi. Dari Perth, Anda bisa berkendara selama dua jam untuk sampai ke South West. Di tempat ini, Anda dapat mengunjungi perkebunan anggur yang terkenal di Margaret River, mengelilingi hutan yang lebat, dan berpetualang di pantai dan gua yang spektakuler. Di ujung selatan wilayah Agusta, Anda juga dapat melihat paus bungkuk dan paus sikat, dan bila beruntung, pemandangan langka paus biru bersama anjing laut, lumba-lumba, dan burung-burung yang bermigrasi dari seluruh penjuru dunia.

Di wilayah Great Southern, Anda dapat berpetualang di Valley of the Giants Tree Top Walk. Di tempat ini, Anda dapat berjalan menyusuri hutan sejauh 600 meter lewat jembatan di ketinggian 40 meter di atas permukaan tanah. Berkat jembatan yang tinggi ini, pemandangan pohon-pohon megah khas Australia jadi makin jelas terlihat. Dan untuk mengakhiri perjalanan Anda di South West, Anda dapat mengunjungi Natural Bridge dan The Gap di wilayah Albany untuk melihat pemandangan Samudra Antarktika dari atas tebing. Di waktu-waktu tertentu, pengunjung yang beruntung juga dapat melihat paus-paus bermigrasi selama musim dingin.

Keseruan libur musim dingin di Australia Barat tidak sampai sini saja. Ada berbagai festival musim dingin menarik yang bisa diikuti ketika berlibur ke sini. Salah satunya adalah Truffle Kerfuffle pada 19 hingga 21 Juni 2020. Anda dapat berpartisipasi dalam pencarian Black Truffle di Manjimup, pusat truffle di Australia. Dalam festival ini, Anda juga dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang disuguhkan oleh warga setempat maupun koki kelas dunia.

Ada juga Cabin Fever Festival yang diselenggarakan pada 17 hingga 26 Juli 2020 di Margaret River. Di festival ini, Anda dapat menikmati makanan dan anggur lezat, serta musik meriah, ditemani dengan hangatnya api unggun dan langit malam yang indah.

Bila ingin berlibur di Perth, Anda dapat mencapainya dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia yang melayani penerbangan langsung dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Perth. Opsi lainnya adalah naik Citilink, Malindo Air, dan Batik Air dengan satu kali transit sebelum mencapai Perth. Sesampainya di Bandara Perth, Anda dapat menggunakan taksi atau Transperth Bus untuk mencapai pusat kota. Untuk mengelilingi daerah lain, Anda juga dapat menyewa mobil atau campervan.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here