Gowes ke Bukit Larangan, Tempat Menyepi di Ketinggian Kabupaten Gresik

Foto: Instagram @fendy_lavigne

Tak hanya terkenal dengan kulinernya, Gresik juga menyimpan pesona alam yang tak kalah dengan daerah lainnya. Banyak di antaranya yang sudah populer, sementara yang lain masih belum banyak diketahui wisatawan. Sebut saja Bukit Larangan yang ada di Desa Prupuh, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Bukit ini tak begitu populer sebagai tempat wisata karena aksesnya memang cukup menantang. Selain mesti memasuki hutan dan melalui kampung, medannya terus menanjak curam. Karena itu, kebanyakan yang datang kemari adalah pesepeda yang ingin menjajal serunya trek di alam bebas.

Foto: Instagram @antonpramudya

Meski harus susah payah mengayuh pedal sepeda untuk mencapainya, perjalananmu akan terasa menyenangkan karena di sepanjang perjalanan akan menjumpai deretan pohon rimbun. Tak hanya itu, kamu juga akan ditemani kicauan burung dan sejuknya udara khas pegunungan.

Saat sudah sampai di tengah bukit, kamu bisa mulai menikmati pemandangan indah dari ketinggian, dari hijaunya alam hingga birunya langit dan laut. Panorama tersebut seakan memberi semangat agar kamu dapat terus melanjutkan perjalanan hingga sampai puncak.

Foto: Dok. Google Maps/Andi Wijaya

Jangan kaget saat mendekati lokasi, karena medannya akan lebih curam lagi dengan kemiringan sekitar 55 derajat. Karena itu, jalanannya sengaja dibuat berundak oleh warga setempat. Kalau tak kuat mengayuh, silakan menuntun sepeda yang kamu bawa.

Setibanya di puncak bukit, kamu bisa lebih leluasa menyaksikan pemandangan alam di sekitarnya yang masih asri. Tak sedikit yang datang kemari untuk berburu foto, terutama saat matahari terbit. Karena itu, banyak pula yang mendirikan tenda di sini untuk bermalam demi menantikan sunrise keesokan paginya.

Foto: Instagram @rifqitaufiq14

Bila berniat bike camping, pastikan membawa perlengkapan berkemah maupun perbekalan yang cukup. Pasalnya, tak ada fasilitas apa pun di bukit tersebut. Desa yang mesti dilewati untuk mencapai bukit pun terbilang sepi, dan nyaris tak ada warung.

Bukit Larangan berjarak sekitar 41 km dari pusat kota Gresik, dan 10 km dari Desa Gosari. Untuk menikmati keindahan bukit ini, kamu tak dikenakan biaya apa pun. Namun pastikan untuk selalu menjaga kebersihan di kawasan tersebut agar tetap asri.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here